Kurikulum DigiUp Berkualitas Guna Jawab Tantangan Talenta Digital

Pelatihan dan sertifikasi kurikulum DigiUp
Pelatihan dan sertifikasi kurikulum DigiUp
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan Community Development Center (CDC) PT Telkom yang didukung Divisi Business Services (DBS) menghadirkan kurikulum DigiUp guna menjawab tantangan talenta digital. Kurikulum tersebut diberikan dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi kepada anak SMK di daerah 3T (terdepan, tertinggal, dan terluar).

Ketua Panitia Program Telkom DigiUp Iis Kurnia mengatakan, kurikulum Telkom DigiUp sesuai standar nasional dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sehingga menciptakan respon positif dari para peserta program yakni 1.040 siswa SMK se-Indonesia.  

Dari jumlah tersebut, ada pendaftar awal dari kawasan 3T sebanyak 142 siswa dari 11 Kota dan Kabupaten di area 3T serta yang berhasil masuk seleksi dan menuntaskan program ada 52 siswa dari 7 sekolah dr 5 kota/kab 3T. 

"Kurikulum kami buat selain sesuai standar BNSP, juga sudah memenuhi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, red), misalnya untuk sertifikasi Junior Web Development, kurikulum kami rancang sedemikian rupa agar peserta fasih  mengembangkan sistem web melalui pemrograman mulai dari user interface, pemrograman hingga pengembangan server," katanya dalam keterangan resminya, Rabu, 14 Desember 2022.

Contoh lain dalam sertifikasi Pemrograman Phyton, yang mana SKKNI menetapkan kurikulum harus bisa membuat lulusan program bisa menggunakan struktur data, menginstalasi software tools pemrograman, dan menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices. Setelah itu, mengimplementasikan pemrograman terstruktur, menggunakan library atau komponen pre-existing, membuat dokumen kode program, dan melakukan debugging. 

"Pendekatan serupa kami lakukan tiga sertifikasi lainnya yakni Junior Desainer Grafis, Administrasi Jaringan Computer, dan Junior Multimedia Desain. Seluruh kurikulum, sudah merujuk pada SKKNI sehingga lulusan program fasih melaksanakan tugas fungsinya sekaligus layak disertifikasi standar nasional dari BNSP," katanya.

Pelatihan dan sertifikasi kurikulum DigiUp

Pelatihan dan sertifikasi kurikulum DigiUp

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title