Tradisi Mengerikan Bagi Janda di India, Ada yang Membakar Diri

Kshama Bindu, Wanita India menikahi dirinya sendiri
Sumber :
  • Aljazeera

BANDUNG – Terdapat kesedihan atau tragedi yang dialami oleh para janda di India. India memiliki beragam tradisi yang mewarnai kehidupan masyarakatnya termasuk janda.

Ternyata Ini Alasan Anang dan Ashanty Disoraki Suporter Timnas Indonesia Seisi Stadion

Lantas, apa saja tradisi kesedihan yang dialami oleh para janda di India? Simak ulasan VIVA sebagai berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Dilarang Mengikuti Acara

Viral! Oknum Kepala Desa Digerebek di Rumah Janda, Kegap Lagi Betulin Celana

Di India, janda dianggap memiliki status sosial yang berada di bawah. Sehingga mereka seperti dikucilkan. Banyak ritual keagamaan yang tidak boleh diikuti. Bahkan dilarang untuk datang ke acara pernikahan. Sebab diyakini sebagai perlawanan kesialan yang mungkin bisa datang pada calon mempelai.

2. Harus Mengasingkan Diri

Ini 5 Negara yang Dihuni Banyak Janda, Indonesia Salah Satunya?

Setelah sang suami tercinta meninggal dunia, umumnya para wanita India ini tidak punya pilihan selain tinggal di ashram vidhwa (ashram untuk janda) yang dijalankan oleh pemerintah, perusahaan swasta, dan LSM.

Hal ini mengikuti tradisi Hindu yang menyebutkan bahwa seorang janda tidak dapat menikah lagi. Ia harus berdiam diri di rumah, melepas perhiasannya, dan memakai pakaian dengan warna berkabung.

Halaman Selanjutnya
img_title