Mainan Viral Lato-lato Ternyata Bukan dari Indonesia, Ini Nama Aslinya

Lato-lato
Sumber :
  • Instagram

BANDUNG – Lato-lato merupakan sebuah mainan yang saat ini tengah viral di media sosial, terutama di TikTok. Salah satu permainan tradisional ini banyak dimainkan oleh seluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. 

Viral Film Vina Sebelum 7 Hari Full Movie, Begini Kronologi Lengkap Kematiannya

Mainan ini berbentuk dua bola pemberat yang terikat pada tali laiknya pendulum dan cincin di bagian atasnya. Mainan ini dimainkan dengan cara membenturkan dua bola pemberat dengan cepat sampai menimbulkan bunyi yang khas. 

Mainan viral ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah meski belakangan ini lebih populer dengan sebutan lato-lato. Lato-lato di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) misalnya disebut latto-latto yang merujuk pada bahasa Bugis yang artinya benturan. 

Viral! Video Pria Botak Ajak YouTuber Korea Ke Hotel, Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Penyebutan ini berbeda dengan provinsi lainnya seperti di wilayah Sulawesi Tenggara yang dikenal dengan nama katto-katto. Sedangkan penyebutan mainan viral ini di Pulau Jawa adalah etek-etek, sementara di daerah lainnya adalah nok-nok sampai toki-toki. 

Lato-lato adalah salah satu jenis permainan tradisional yang dapat ditemukan di Indonesia. Lato-lato ini sangat ikonik sejak zaman 1990-an, terutama untuk masyarakat yang tinggal di kawasan pedesaan. 

Ini Aplikasi Viral Penghasil Uang, Tiap Hari Dapat DANA Rp2 Juta

Meski banyak ditemukan di Indonesia sejak zaman dahulu. Tapi ternyata, permainan viral ini muncul pertama kali pada tahun 1960-an kemudian mulai populer tahun 1970-an di Amerika. Di negeri Paman Sam, lato-lato dikenal dengan sebutan clankers. 

Permainan satu ini ternyata tidak bisa bertahan lama karena memakan korban jiwa. Kemudian pada tahun 1970-an di Amerika Serikat, permainan ini sempat dilarang oleh pejabat sekolah setempat.

Halaman Selanjutnya
img_title