Ceo Apple Tim Cook 'Legowo' Gajinya Dipotong

Ceo Apple Tim Cook
Sumber :
  • Cafef

BANDUNG – CEO Apple, Tim Cook akan secara sukarela dipotong gajinya pada tahun ini jika pemegang saham menyetujui hal tersebut pada event Apple Investor Day mendatang yang diadakan pada 10 Maret 2023.

Kemenag Glontorkan Dana Tunjangan Hari Raya Bagi Guru PAI, Anggarannya Capai Rp6 Triliun

Pengurangan kompensasi Cook adalah salah satu dari beberapa proposal yang diajukan dalam pernyataan proksi untuk pemegang saham menjelang gelaran tersebut.

Cook dikatakan mendukung langkah untuk menurunkan gaji gabungannya dan kompensasi yang diharapkan menjadi US$49 juta (Rp743 miliar) pada tahun 2023, turun dari US$99 juta (Rp1,5 triliun) di tahun lalu. 

5 Tips Sukses Jadi Shopee Affiliate, Nikmati Komisi Gede dan Gaji Tiap Minggunya

Selain gaji pokok dan insentif tunai sebesar US$9 juta (Rp136 miliar) kompensasi lainnya adalah ekuitas yang terkait dengan kinerja. Cook menghasilkan US$15 juta (Rp227 miliar) di atas target gajinya pada tahun 2022, mengingat kinerja baik perusahaan dalam penjualan dan pendapatan.

Beberapa anggota dewan Apple membentuk Komite Kompensasi yang memutuskan gaji eksekutif. Menurut pernyataan proksi, mereka mengusulkan pemotongan gaji ini sebagai tanggapan atas umpan balik pemegang saham.

Bikin Kaget, Segini Harga Transfer Kurni Meiga Sebelum Alami Kebutaan Permanen

Ini datang dalam bentuk pemungutan suara tahunan pada pertemuan investor tahunan, yang secara internal disebut Say on Pay, menanyakan pemegang saham apakah mereka setuju dengan berapa banyak eksekutif diberi kompensasi, terutama Cook.

Mengutip dari laman Engadget, Jumat, 12 Januari 2023, kompensasi para petinggi Apple anjlok di tahun lalu menjadi 64 persen, turun dari hampir 95 persen pada tahun 2021. 

Halaman Selanjutnya
img_title