Begini Cara Manusia Purba 'Survive' saat Musim Dingin, Menurut Studi

Ilustrasi manusia purba
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Pernahkah kamu berpikir menganai bagaimana manusia purba bertahan hidup saat musim dingin? Khususnya di wilayah Eropa yang memiliki musim dingin atau salju.

Begini Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar, Buya Yahya Beri Pandangan

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Human Evolution menyingkap fakta mengenai hal tersebut. Ini dibuktikan setelah menguji sisa tulang belulang dari situs arkeologi Schoningen di Lower Saxony. Berikut ulasan studi yang mengungkap Cara Manusia Purba Bertahan Hidup Saat Musim Dingin:

Tahan Hidup dengan Menggunakan Kulit Beruang

Megawati Raih MVP dengan Skor Tertinggi di V Playoff League Musim Ini

Peneliti menemukan bekas luka di kaki dan sisa tulang kaki beruang gua di Schoningen Lower Saxony, artinya manusia purba yang hidup di Eropa utara lebih dari 300.000 tahun yang lalu ternyata menggunakan kulit beruang untuk menghangatkan dirinya.

Para peneliti mengatakan, temuan tersebut menjadi bukti tertua jenis ini di dunia dari nenek moyang tipe awal, yang kemungkinan belum memiliki ciri anatomis yang sama dengan manusia modern.

Ini Alasan Dinar Candy Masih Bertahan dengan Ko APex, Karena Harta?

"Bekas luka yang baru ditemukan ini merupakan indikasi bahwa sekitar 300.000 tahun yang lalu, orang-orang di Eropa Utara dapat bertahan hidup pada musim dingin berkat kulit beruang yang hangat," ujar Ivo Verheijen, peneliti dari Universitas Tubingen, seperti dikutip dari Independent.

Penemuan Jaket Musim Dingin dari Beruang Gua

Halaman Selanjutnya
img_title