NASA Klaim Temukan Planet Mirip Bumi, Punya Banyak Air

Ilustrasi bumi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Pesawat antariksa pemburu planet milik NASA (Badan Antariksa dan Penerbangan) telah menemukan planet keduanya yang berukuran sama dengan Bumi dan mungkin mempunyai banyak air.

Rahasia 3 Rutinitas Pagi yang Dapat Turunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah Dilakukan

Planet kembaran Bumi itu mengorbit pada bintang yang sama.

Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA diluncurkan pada April 2018 di mana sejak saat itu misi telah menemukan 285 planet ekstrasurya yang dikonfirmasi dan menjaring lebih dari 6.000 kandidat. 

Gempa Magnitudi di Tuban, BMKG Prediksi Datangnya Tsunami

Salah satu planet paling menarik yang dikonfirmasi adalah dunia yang dijuluki TOI 700 d, yang berukuran sebesar Bumi dan terletak di zona layak huni bintangnya.

Sekarang para ilmuwan telah menentukan bahwa planet tersebut memiliki tetangga yang sama menggiurkannya, berkat data Oktober 2021 yang menyebut bahwa teleskop yang mengorbit Bumi itu telah melihat sesuatu yang menarik.

Berani Banget, Ria Ricis Berenang dengan Ikan Hiu Paus Raksasa

"Kami pertama kali melihatnya dan kami bertanya-tanya apakah ini nyata?" ujar seorang astronom di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, Emily Gilbert.

TESS menemukan planet dengan menatap bintang selama sebulan, mencari penurunan kecil dalam kecerahan yang dapat mengindikasikan adanya planet yang melintas di antara bintang dan teleskop.

Halaman Selanjutnya
img_title