Waspada! Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan Lagi di Indonesia, Ini Gejalanya Menurut Kemenkes

Ilustrasi Ginjal
Ilustrasi Ginjal
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Kementerian Kesehatan RI menginformasikan bahwa kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) muncul lagi di Indonesia. 

Kemenkes menemukan dua kasus baru GGAPA ada di DKI Jakarta, yakni di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Satu pasien di antaranya masih menjalani perawatan. Sedangkan satunya lagi sudah meninggal dunia.

Jubir Kemenkes dr Syahril menjelaskan, pada kasus yang meninggal, pasien adalah seorang balita berusia 1 tahun yang mengalami gejala pada 25 Januari 2023 lalu. Dia diberikan obat sirup penurun demam yang dibeli di apotek. Namun pasien tidak kunjung pulih sampai mengalami anuria atau tidak bisa buang air kecil.

"Penambahan kasus tercatat pada tahun ini, satu kasus konfirmasi GGAPA dan satu kasus suspek," kata dr Syahril, Selasa (07/02/2023).

Ilustrasi Ginjal

Ilustrasi Ginjal

Photo :
  • VIVA.co.id

Sementara itu, beberapa waktu lalu Plt Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes, dr Yanti Herman menjelaskan, anak-anak yang menderita gangguan ginjal akut biasanya mengalami pengurangan jumlah air kencing, bahkan pada beberapa kasus tidak kencing sama sekali.

dr Yanti menyebut, tidak semua pasien mengalami gangguan ginjal akut mendapatkan gejala demam.

Halaman Selanjutnya
img_title