Terungkap! Mitos dan Fakta Seputar Minum Kopi untuk Penderita Darah Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

ilustrasi pembuatan kopi V60
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bandung Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan serius yang perlu diwaspadai karena komplikasi yang dapat merenggut nyawa. 

Susu Evaporasi Bukan Cuma Buat Kue, Simak Manfaat Unik Lainnya di Rumah

Untungnya, hipertensi dapat dicegah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, salah satunya dengan memperhatikan pola makan.

Menurut dr. Dina Nilasari, Ph.D, Sp.PD,KGH, Spesialis Penyakit Dalam Konseling Ginjal dan Hipertensi, kunci pola makan sehat untuk mencegah hipertensi adalah menghindari makanan tinggi lemak jahat, seperti makanan yang digoreng, dan makanan tinggi garam. 

6 Rahasia Minuman Penghilang Kantuk Selain Kopi, Bisa Menjaga Energi dan Fokus Seharian

Ilustrasi Hipertensi

Photo :
  • Pixabay

"Makan dengan diet seimbang itu memang kita harus hindari lemak jahat. Karena enggak semua lemak jahat jadi kita sebut saturated fat di gorengan, lemak dari daging itu semua ada. Diharapkan lemak baik. Memang kalau mau healthy lifestyle kita harus hindari yang goreng-gorengan," kata Spesialis Penyakit Dalam Konseling Ginjal dan Hipertensi, dr. Dina Nilasari, Ph.D, Sp.PD,KGH dalam program Hidup Sehat tvOne Rabu 22 Mei 2024.

7 Manfaat Luar Biasa Kopi Espresso yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Untuk Program Diet

Selain itu, dr. Dina juga menyarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi garam karena dapat meningkatkan tekanan darah.

"Makanan tinggi garam membuat kita mendapatkan air lebih tinggi sehingga meningkatkan tekanan darah. Jadi air masuk ke dalam pembuluh darah lebih banyak kalau kita mengonsumsi natrium yang lebih tinggi. Natrium ini berpengaruh pada elastisitas pembuluh darah," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title