Bahaya, Ini Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan

Ilustrasi begadang
Sumber :
  • U-Report

VIVA BandungBegadang merupakan kegiatan yang dilakukan dengan mengurangi waktu tidur pada satu hari. Normalnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur setidaknya 7 sampai 9 jam dalam sehari. Namun, orang yang begadang akan mengurangi waktu tidurnya menjadi kurang dari 6 jam atau bahkan tidak tidur sama sekali.

Mengapa Masih Ngantuk Setelah Tidur 8 Jam? Ini 6 Biang Keladinya yang Jarang Diketahui

Ada beragam alasan seseorang begadang mulai dari soal pekerjaan hingga insomnia. Namun, tahukah bila Anda sering begadang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Apa saja? Berikut ini ulasannya seperti diungkap Spesialis neurologi, dr. Nurul Rakhmawati, Sp.N dalam program Hidup Sehat TvOne, Selasa 28 Februari 2023.

1. Sebabkan Obesitas

Mi Instan Aman Dimakan Setiap Hari? Dokter Tirta Ungkap Bahan Berbahaya & Batas Aman Konsumsinya

Nurul menjelaskan bahwa begadang bisa menyebabkan obesitas, sebab ketika begadang dapat mengubah beberapa hormon dalam tubuh. Salah satunya adalah hormon leptin.

"Leptin sebabkan picu makan ketika berubah maka jadi nafsu makan, makan terus," kata dia.

Awas! Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Picu Diabetes, Ini Kata Dokter Tirta

2. Sebabkan Kulit Kusam

Menurut Nurul, tidur dapat mempengaruhi produksi kolagen. Jadi, ketika seseorang kurang tidur, menyebabkan kulit dehidrasi yang akan membuat sel kurang asupan makan sehingga menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, jerawatan.

Halaman Selanjutnya
img_title