Kurir Makanan Ini Bawa Mumi ke Mana-mana, Ngaku Sebagai Pacarnya

Mumi berusia 800 tahun
Mumi berusia 800 tahun
Sumber :
  • getty images

VIVA Bandung – Kepolisian Peru telah menyita mumi manusia berusia antara 600-800 tahun dari seorang pria yang mengaku sebagai 'pacarnya'. Julio Cesar Bermejo, mantan kurir pengiriman makanan mengaku telah menyimpan mumi itu di rumahnya selama tiga dekade, bahkan tidur dengannya di tempat tidur.

"Di rumah, dia ada di kamarku, dia tidur denganku. Saya merawatnya," katanya dalam sebuah video yang menjadi viral di media sosial.

Bermejo didatangi polisi di kota Puno, Peru, yang terkenal dengan arkeologisnya yang penting. Meskipun mumifikasi identik dengan Mesir, beberapa mumi tertua di dunia berusia 7.000 tahun di Amerika Selatan.

Bermejo akan tetap ditahan untuk penyelidik menyelidiki kasus tersebut, kata seorang pejabat pemerintah yang dikutip dari situs Daily Mail, Kamis, 2 Maret 2023.

Pria usia 26 tahun itu mengatakan kepada media lokal bahwa mumi tersebut -yang dia panggil 'Juanita'- adalah pacar spiritualnya. Meski Juanita adalah panggilan untuk seorang perempuan, faktanya mumi tersebut lebih pantas dipanggil 'juan' karena berjenis kelamin laki-laki.

Dia mengatakan bahwa ayahnya membawa pulang mumi itu sekitar 30 atau 40 tahun yang lalu, setelah rencana untuk menyumbangkannya ke museum gagal. Keluarganya membelinya seharga 2.000 sol Peru (Rp8 juta) ketika mereka masih memiliki banyak uang.

Menurut Kementerian Kebudayaan Peru, peninggalan pra-Hispanik itu adalah mumi laki-laki dewasa. Itu mungkin dari wilayah timur Puno, sebuah wilayah di Andes Peru sekitar 1.300 kilometer (lebih dari 800 mil) tenggara dari Lima.

Halaman Selanjutnya
img_title