Pulang Kampung? Ini 6 Tips Mudik Lebaran Agar Tidak Terjebak Macet Panjang

Ilustrasi Mudik Lebaran
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bandung – Mudik adalah tradisi tahunan di Indonesia di mana orang-orang kembali ke kampung halaman atau tempat asal mereka untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri, yang juga dikenal sebagai Lebaran

Pertama dalam Sejarah, Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Kali Ramadhan dalam 1 Tahun

Mudik Lebaran biasanya dilakukan oleh masyarakat yang bekerja atau tinggal di kota besar untuk bertemu dengan keluarga dan kerabat di kampung halamannya. Mudik Lebaran dapat menjadi momen yang sangat dinantikan, tetapi juga dapat menjadi tantangan karena seringkali dihadapkan dengan mecet lalu lintas yang parah akibat tingginya jumlah kendaraan yang bergerak secara bersamaan. Bagaimana cara mengatasinya?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 cara yang dapat membantu Anda mudik Lebaran agar tidak terjebak dalam kemacetan:

Cara Klaim Link Saldo DANA Gratis Spesial Lebaran 2024, Buruan Mumpung Masih Jutaan

1. Berangkat Sebelum atau Setelah Puncak arus Mudik

Coba untuk berangkat beberapa hari sebelum atau setelah tanggal puncak arus mudik. Biasanya, hari-hari menjelang Lebaran dan beberapa hari setelah Lebaran merupakan waktu puncak arus mudik, sehingga berangkat di luar periode ini dapat menghindari kemacetan yang parah.

Korlantas Polri Catat 1.581 Kasus Kecelakaan Terjadi di Momen Mudik Lebaran Tahun Ini

2. Pilih Jalur Alternatif

Cari tahu jalur alternatif yang bisa diambil untuk menghindari jalur utama yang biasanya padat. Gunakan aplikasi navigasi atau bertanya kepada orang lokal tentang jalur-jalur alternatif yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan. Jalur-jalur alternatif seringkali lebih sepi dan bisa menghemat waktu perjalanan.

Halaman Selanjutnya
img_title