36 Arti Kedutan Area Wajah dan Leher Berdasarkan Primbon Jawa

Ilustrasi Primbon Jawa
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG - Kedutan di bagian tubuh manusia jadi salah satu hal yang bisa dialami oleh setiap orang. Khususnya bagi sebagian masyarakat tradisional, kedutan sering kali dikaitkan dengan berbagai mitos.

4 Mitos Arti Cegukan Menurut Primbon Jawa

Sebagian dari masyarakat percaya kedutan bisa menjadi suatu pertanda dari kejadian atau peristiwa tertentu di masa depan. Bahkan, dalam primbon Jawa terdapat setidaknya 101 arti kedutan menurut lokasi terjadinya. Sebenarnya kedutan merupakan kondisi pada fisik manusia yang bisa dijelaskan secara alamiah. Namun, mitos-mitos tentang kedutan agaknya memang telah telanjur mengakar di masyarakat sekian lamanya.

Meski terdengar mustahil, nyatanya masih banyak masyarakat yang mempercayainya. Tapi sisi positifnya, mempercayai kedutan sebagai pertanda bisa membuat seseorang lebih waspada dan hati-hati. Lantas, seperti apa arti kedutan berdasarkan bagian tubuh yang mengalaminya, menurut primbon Jawa? Untuk mengetahui lebih lanjut simak ulasan yang dikutip dari buku Betaljemur Adammakna (Kitab Primbon Jawa Serbaguna) oleh R. Gunasasmita.

Cek KK dan KTP Anda Disini, Dapatkan Saldo DANA Rp2.4 Juta Secara Cuma-cuma

Arti Kedutan di Area Wajah, Kepala, dan Leher

Bagian wajah, kepala, dan leher jadi salah satu area tubuh yang cukup sering mengalami kedutan. Ternyata, menurut primbon Jawa kedutan di area wajah, kepala dan leher bisa membawa berbagai pertanda. Berikut beberapa pertanda bagian dari arti kedutan di bagian wajah, kepala, dan leher.

Butuh Dana Cepat? CEK Nomor KK dan KTP Anda Disini, Siapa Tahu Dapat Saldo DANA Rp2.4 Juta

Ilustrasi Primbon Jawa

Photo :
  • Istimewa

1. Kedutan Kepala : Akan mendapatkan pahala atau kebaikan.

Halaman Selanjutnya
img_title