Jangan Langsung Bad Mood, Ini 10 Tips Mencegah Komedo di Wajah

Ilustrasi komedo
Sumber :
  • hallosehat

BANDUNG - Bagi sebagian remaja, masalah kulit dan wajah memang menjadi perhatian serius, misalnya masalah komedo, bahkan, seringkali wajah berkomedo membuat kita bad mood. Komedo terjadi akibat sumbatan kelenjar minyak dan peradangan.

Berapa sih Nilai 1 Koin? Ini Tips Kaya Mulung Uang di Tiktok Sambil Ngabuburit

Terdapat dua jenis komedo, yakni komedo tertutup (terlihat seperti titik putih) dan terbuka (terlihat seperti titik hitam). Komedo putih terbentuk karena pori - pori kulit tertumpuk oleh sel kulit mati, sebum, bakteri, dan folikel. Jenis komedo ini biasanya dipicu oleh jenis produksi minyak berlebih di kulit, kebiasaan memakai kosmetik, atau paparan bahan kimia lain. 

Sementara itu, komedo hitam memiliki warna gelap karena permukaannya tidak tertutup dengan kulit. Oleh karena itu, bagian tersebut terpapar udara sehingga teroksidasi. Komedo hitam bisa terjadi akibat tidak menjaga kebersihan dan stres. 

Cara Hasilkan Cuan di Tiktok, Sambil Rebahan Sudah Jadi Sultan 7 Turunan

Kenapa komedo sering muncul di hidung? Sebab, area kulit hidung memiliki pori-pori lebih besar dan kelenjar minyak pada cukup banyak dibandingkan area kulit lainnya. Komedo bisa terjadi pada siapa saja, dan keluhan ini biasanya muncul di wajah, punggung, dada, atau bahu.

Malas membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian membuat debu, kotoran, dan polusi mudah menumpuk di wajah. Keadaan ini bisa meningkatkan risiko munculnya komedo, bahkan jerawat. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit.

FYP! Cara Mulung Koin di TikTok, Dapatkan Ratusan Ribu per Hari Sambil Tiduran

Dilansir dari halodoc.com, berikut ini 10 tips mencegah komedo di wajah.

 

1. Gunakan Pelembap yang Sesuai dengan Kulit Wajah

Halaman Selanjutnya
img_title