Jenis Olahraga Ampuh Hilangkan Stress Dan Meningkatkan Suasana Hati

Ilustrasi Olahraga
Sumber :
  • Pixabay

Bandung – Olahraga adalah jenis kegiatan tubuh yang bisa membuat dan mempengaruhi suasana hati, apalagi jika dilakukan setiap hari dengan waktu yang pendek atau pun panjang berdurasi sekitar kurang lebih 30-45 menit. Sebagian orang melaksanakan olahraga sebelum kerja maupun sepulang kerja untuk mengurangi penat seharian. 

5 Rahasia Olahraga Tetap Aman dan Nggak Loyo Saat Berpuasa

Ketika melakukan olahraga tentu saja, tubuh juga bekerja dari dalam untuk meningkatkan suasana hati. Rutin berolahraga dapat memincu otak melepaskan neurotransmitter yaitu hormon endorfin. Sementara hormon endorfin memiliki tugas untuk mengirimkan pesan kepada tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stress, dilansir dari hellosehat. 

Dampak baik dari hormon endorfin memiliki efek yang sama dengan morfin. Euforia yang timbul setelah olahraga secara rutin membuat merasa lebih berenergi dan bersemangat. Hal tersebut membuat suasana hati lebih bahagia dan olahraga pun menjadi antidepresan yang bisa menangani depresi dan kecemasan. 

Sering Foto Mesra, Perselingkuhan Guru dan Murid di Subang Beredar di Media Sosial

Kemudian, olahraga juga mampu meningkatkan suasana hati dikarenakan dapat memicu pelepasan serotonin, yaitu untuk memperbaiki nafsu makan dan mengatur siklus tidur. Dua efek tersebut tentu menjadi faktor penting dalam menurunkan tingkat depresi. 

Dopmin memang memiliki efek yang hampir sama dengan serotonin, yang mampu membantu meningkatkan daya ingat, kesadaran dan berkontribusi dalam memperbaiki suasana hati. Lainnya dengan hormon noradrenalin yang mampu menyeimbangkan hormon stress dalam tubuh, hal tersebut membuat suasana hati jadi lebih baik terlihat dari perubahan suasana hati ketika berolahraga dalam penurunan tekanan stress dan emosi negatif. 

Jangan Main-main, Ini Penyebab Mood Perempuan Mudah Hancur

Ini dia, jenis olahraga yang ampuh hilangkan stress dan meningkatkan suasana hati.

1. Olahraga aerobik

Halaman Selanjutnya
img_title