Wajib Tahu, Sebelum Membeli Iphone Second, Berapa Lama iPhone Bisa Digunakan?

iPhone 15 Pro
Sumber :
  • VIVA.co.id

Viva Bandung -  Jika Anda berpikir untuk membeli iPhone lama, atau bertanya-tanya apakah perlu memperbarui ponsel saat ini, salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah berapa lama Apple akan menawarkan dukungan untuk ponsel tersebut.

Ayo Klik Link DANA Kaget Rp300 Ribu Hari Ini Kamis 25 April 2024, Langsung Cair

Ilustrasi Tips Beli Iphone Bekas

Photo :
  • Viva Group

Ada dua cara Apple mendukung iPhone. Salah satunya adalah perangkat lunak, memastikan bahwa segala bug dan kelemahan keamanan telah diatasi. Yang lainnya adalah perangkat keras, menyediakan suku cadang dan service untuk memperbaiki masalah pada ponsel. Dua alasan ini jadi pertimbangan dalam membeli iPhone lama. Risiko terjadinya kesalahan atau mungkin terkena risiko keamanan terlalu tinggi.

Anda Bakal Mendapatkan Saldo DANA Gratis Rp300 Ribu, Langsung Cair ke Rekening

Kabar baiknya adalah Apple setidaknya mendukung iPhone untuk waktu yang lama. Dukungan perangkat lunak bertahan sekitar satu dekade, sementara dukungan perangkat keras dapat tersedia pada ponsel berusia lima hingga tujuh tahun Mulai tahun 2023, Apple mendukung dua versi terakhir sistem operasi untuk pembaruan bug dan keamanan iOS 16 dan iOS 15. Semua ponsel yang dapat menjalankan iOS 14 dan iOS 13 dapat menjalankan iOS 15. Artinya Apple akan memberi dukungan dari iPhone 6.

Namun sebenarnya, Apple juga mendukung iOS 12, yang menghadirkan dukungan perangkat lunak untuk iPhone 6 dan 5s. Pada Januari 2023, Apple memperbarui iOS 12 dengan pembaruan keamanan untuk mengatasi kelemahan keamanan yang serius. Namun diperkirakan ponsel ini tidak akan didukung lebih lama lagi.

Mudah Banget! Begini Cara Dapat Saldo DANA Gratis Rp300 Ribu Tiap Hari

Setelah iOS 17 diluncurkan pada akhir tahun 2023, Apple akan berhenti mendukung iOS 12, hanya mempertahankan dukungan untuk iOS 17, iOS 16, dan iOS 15. Pada saat itu, jika ada pengguna yang masih menggunakan iPhone 5s atau iPhone 6, mereka harus mengganti dengan yang lebih baru.

Statista (penyedia data pasar dan konsumen) menerbitkan grafik yang menunjukkan berapa lama Apple mendukung iPhone lama. Perusahaan memperbarui bagan ini pada Juni 2023, menambahkan iOS 17. Grafik menunjukkan berapa lama perangkat lunak pada iPhone yang didukung Apple, dan kabar baiknya adalah dukungan untuk sistem operasi pada iPhone lama – termasuk pembaruan keamanan dan kegunaan – terus berlanjut setelah ponsel ini dijual, terutama di kalangan konsumen iPhone yang lebih baru.

Untuk ponsel-ponsel awal, dukungan tersebut bukanlah sesuatu yang penting. Namun sejak iPhone 4s, yang hadir pada tahun 2011, dukungan Apple telah bertahan selama bertahun-tahun. iPhone generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2007 mampu menjalankan iPhone OS 3 yang didukung oleh Apple hingga 2010. iPhone tersebut dianggap ketinggalan jaman oleh Apple.

Bocoran iPhone 14 Pro

Photo :
  • macrumors.com

Kemudian iPhone 3G yang diluncurkan pada 2008, mampu menjalankan iOS 4.0 yang didukung hingga tahun 2011. Kemudian iPhone 3G dan iPhone 3GS dianggap usang oleh Apple.

Jangka waktu dukungan bertambah dengan peluncuran iPhone 4s pada tahun 2011. Ponsel tersebut mampu menjalankan sistem operasi hingga iOS 9. Apple masih mendukung iOS 9 pada tahun 2019 ketika mengeluarkan pembaruan terkait GPS pada bulan Juli. Kemudian iPhone 4 dan 4s dianggap usang oleh Apple.

Lalu iPhone 5c yang menjalankan iOS 10, juga menerima pembaruan terkait GPS pada Juli 2019, melansir dari situs Macworld, Kamis, 14 September 2023. iPhone 5s dan iPhone 6, keduanya menjalankan iOS 12, dan Apple mengeluarkan pembaruan keamanan pada Januari 2023. Pembaruan ini dikeluarkan untuk beberapa perangkat yang tidak mendukung iOS 15.

iOS 15 yang hadir pada September 2021, mendukung semua iPhone mulai dari iPhone 6s dan seterusnya, sama seperti iOS 14 dan iOS 13. Baik iOS 14 dan 13 dianggap usang oleh Apple karena ponsel yang sama dapat menjalankan iOS 15. Jadi iPhone 6s kala itu dianggap usang oleh Apple. iOS 16 yang hadir pada September 2022, berjalan di semua iPhone mulai dari iPhone 8 dan seterusnya – namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua fitur tersedia di ponsel lama.

 

Sementara iOS 17 akan berjalan di semua iPhone mulai dari iPhone XS dan seterusnya, artinya iPhone X dan iPhone 8 akan terjebak hanya di iOS 16.