Awas! Sering Main Hp Ternyata Bisa Sebabkan Insomnia dan Stroke Mata

Ilustrasi Main Hp
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung - Penggunaan ponsel memang menjadi kebutuhan di era yang serba modern ini. Namun, perlu diketahui ternyata penggunaan ponsel yang diluar batas bisa sebabkan terkena penyakit Insomnia. Insomnia sendiri adalah gangguan tidur yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan dan tidak bisa tidur.

Jarang Ada yang Tahu, 3 Game Ini Bisa Hasilkan Saldo DANA Gratis

Tidak hanya sampai disitu saja, rupanya implikasi dari insomnia ini bisa menyebabkan gangguan mata hingga berisiko terjadinya stroke pada mata. Bagaimana bisa?

Aplikasi WhatsApp di handphone

Photo :
  • tvonenews.com
SELAMAT Anda Dapat Saldo DANA Gratis Rp500 Ribu Hari Ini, Langsung Ditransfer Sekarang

Spesialis mata dari Pusat Mata Nasional, RS Mata Cicendo Bandung, Dr. dr. Antonia Kartika, SpM (K), M.Kes menjelaskan bahwa insomnia yang paling sering ditemukan ternyata berhubungan dengan digital eye strain.

"Digital eye strain ini berkaitan akibat aktivitas yang memang lama di depan gadget. Salah satu penelitian di Jepang menyatakan 67,24 persen dari pasien dengan digital eye strain mengalami kualitas tidur yang buruk," kata dia dalam virtual meeting, Kemenkes, Selasa 10 Oktober 2023.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu Tanpa Apk Penghasil Uang, Cuma Modal HP Saja

Lebih lanjut, digital eyes strain yang disebabkan oleh gelombang cahaya pendek yang dihasilkan oleh screen komputer menurunkan kadar melatonin. Melatonin merupakan suatu hormon dalam tubuh yang disekresikan atau dihasilkan pada malam hari yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur.

Dengan insomnia ini kata dia pastinya berisiko terjadi kecelakaan. Selain itu, berisiko terhadap penyakit hipertensi, jantung kencing manis yang juga patut diwaspadai karena bisa ada gangguan di mata yang dikenal stroke saraf mata.

Halaman Selanjutnya
img_title