Vape Diklaim Lebih Aman, Tapi Ternyata Bisa Sebabkan Paru Bocor

Pengguna Vape
Sumber :

VIVA Bandung Rokok elektrik atau vape, yang diklaim sebagai alternatif yang lebih aman daripada rokok konvensional, ternyata juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan paru. Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah pneumothorak, atau paru bocor.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Rp500 Ribu Tiap Hari, Dapat Langsung Dikirim ke Rekening

Pneumothorak adalah kondisi di mana ada udara yang terkumpul di antara paru-paru dan dinding dada. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada, sesak napas, dan batuk.

Ilustrasi rokok elektrik atau vape

Photo :
  • Pixabay
Soal Geng Putra Vincent Rompies, Ini Pengakuan Siswa Binus School Serpong: Sudah 9 Tahun

Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Prof. DR. Dr. Agus, Sp.P (K), FISR, FAPSR, kasus pneumothorak akibat penggunaan vape juga dilaporkan di Indonesia.

Prof. Agus menceritakan bahwa ia pernah menangani pasien berusia 23 tahun yang mengalami pneumothorak setelah menggunakan vape selama satu tahun. Pasien tersebut sebelumnya telah merokok konvensional selama 10 tahun, dan tidak pernah mengalami pneumothorak.

Penyidik Forensik Temukan Hal Mengejutkan Pada Jenazah Dante: Parunya Sudah Mencair

Berdasarkan hasil pemeriksaan rontgen, ditemukan adanya cairan di dalam paru-paru pasien tersebut. Setelah dilakukan operasi untuk mengeluarkan cairan tersebut, paru-paru pasien dapat kembali berkembang.

Prof. Agus mengatakan bahwa penyebab pneumothorak pada pasien tersebut kemungkinan besar adalah vape. Ia juga meminta pasien tersebut untuk berhenti menggunakan vape, dan pasien tersebut tidak mengalami kekambuhan lagi.

Halaman Selanjutnya
img_title