Kemenag Siarkan Langsung Sidang Isbat, Penetapan 1 Ramadhan 1445 H

Sidang Isbat
Sumber :
  • Istimewa

Bandung – Sebelumnya, Kamaruddin Amin, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam), menyatakan bahwa sidang ini adalah sarana keagamaan untuk memastikan pelaksanaan ibadah dengan benar. 

Pertama dalam Sejarah, Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Kali Ramadhan dalam 1 Tahun

Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ujar Kamaruddin.

Penetapan Awal Ramadhan 1445 H ini dihadiri oleh Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan perwakilan dari BRIN dan BMKG, serta undangan lainnya.

Kapan Puasa Syawal Dilaksanakan? Begini Anjuran dan Keutamaannya

Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1445 H diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu 10 Maret 2024 di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. 

Sidang isbat ini diadakan secara campuran, dengan kegiatan yang dilakukan secara online dan di luar ruangan. Untuk mengetahui pengumuman penetapan tanggal 1 Ramadhan 1445 H setelah sidang isbat, ikuti siaran langsung YouTube dari Channel Kementerian Agama di sini:

Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Rayakan Lebaran Secara Bersama-sama

https://www.youtube.com/live/z6pIi4JuDAo?si=GNNbpcGjmnJJSG1N 

Sementara itu, NU tetap menghormati dan akan mengikuti ketetapan hasil sidang isbat yang diselenggarakan pemerintah. 

Halaman Selanjutnya
img_title