Hati-hati! Jangan Berani Mudik Pakai Motor Kalau Belum Lakukan Hal Ini

Pemudik lebaran
Sumber :

VIVA Bandung - Mendekati Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Tanah Air kini tengah disibukkan dengan agenda mudik ke kampung halaman masing-masing. Bahkan, biasanya mereka telah merencanakan momen ini dari jauh-jauh hari.

Pertama dalam Sejarah, Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Kali Ramadhan dalam 1 Tahun

Banyak dari mereka yang memilih mudik dengan menggunakan jasa transportasi umum. Namun tidak sedikit yang memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti motor.

Meski begitu, melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan mengenakan sepeda motor bukan sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Setidaknya hal itu yang dikatakan oleh  Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Agus Sani. 

Cara Klaim Link Saldo DANA Gratis Spesial Lebaran 2024, Buruan Mumpung Masih Jutaan

Ia menyampaikan banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk mental dan kesehatan. 

"Mental dan sikap harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran menggunakan motor. Makna mental dan sikap cukup luas, misalnya tidak ngebut karena ingin cepat sampai di kampung halaman dan senantiasa mematuhi rambu lalu lintas dan sebagainya," ujarnya dikutip VIVA Otomotif di Jakarta.

Korlantas Polri Catat 1.581 Kasus Kecelakaan Terjadi di Momen Mudik Lebaran Tahun Ini

Selain itu, pemudik juga harus memperhatikan kondisi cuaca dan pilihan jam keberangkatan. Sebaiknya, mereka yang mudik menggunakan motor melakukan perjalanan mereka sejak pagi hari. 

"Kebanyakan pemudik yang pakai motor memilih perjalanan pada malam hari karena difikirnya tidak akan macet, tapi sebenarnya lebih disarankan berangkat pada pagi hari karena bila terjadi apa-apa akan lebih banyak bengkel dan tempat istirahat yang buka," jelas Agus Sani.

Halaman Selanjutnya
img_title