Ternyata Dzikir Khusus Setelah Salat 5 Waktu Tidak Dianjurkan, Kata Ustadz Khalid Basalamah

Ustadz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung - Kebiasan umum umat Muslim di Indonesia setelah melaksanakan ibadah salat 5 waktu adalah berdoa atau berdzikir dengan dzikir khusus.

Lebih Utamaan Kurban Kambing atau Sapi? Begini Jawaban Ustadz Khalid Basalamah

Namun, siapa sangka ternyata hal itu tidak dianjurkan dalam agama Islam. 

Pendakwah kondang Tanah Air, Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan, dirinya tidak pernah menemukan dalil sohih tentang keutamaan dzikir khusus setelah salat Fardu.

Tutorial Khusus Klaim Saldo DANA Gratis hingga Ratusan Ribu Rupiah, Dijamin Langsung Cair

"Makanya para ulama yang paham dengan sunnah tidak pernah ada yang mengamalkan secara khusus doa dihubungkan dengan salat 5 waktu. Beda dengan salat sunah dan tidak secara khusus. Tapi kalau secara khusus dipaketkan sama zikir setelah salat, maka itu ulama mengatakan tidak boleh karena tidak ada dalilnya," kata beliau dalam potongan video yang diunggah di akun TikTok @kasimengaji, dikutip Selasa 18 Juni 2024.

Alih-alih menyebut doa khusus, Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan jika Nabi Muhammad SAW ketika selesai salat, beliau langsung berdiri dari tempat solatnya.

Ustadz Khalid Basalamah Bicara Tentang Poligami: Sunah Nabi SAW

Setidaknya hal itu lah yang diungkap di banyak hadist riwayat Imam Bukhori. 

"Memang begitu sunnahnya langsung berdiri lalu beliau menunggu di depan gerbang pintu masjid, kalau ada sahabat yang punya keluhan atau punya hajat atau ingin konsultasi dengan beliau. Makanya tidak dianjurkan membaca doa secara khusus habis salat fardu," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title