Olimpiade Informatika Khusus Perempuan Dorong Kesetaraan Gender di Bidang STEM

Kontestan EGOI menyimak Tech Talk dari pakar Huawei
Sumber :
  • huawei.com

Bandung, VIVA – European Girls' Olympiad in Informatics (EGOI) 2024 yang didukung Huawei baru saja berakhir pada 27 Juli lalu. Ajang ini menjadi bukti nyata upaya mendorong partisipasi perempuan dalam bidang sains teknologi teknik dan matematika (STEM).

Game Viral Flappy Bird akan Comeback di Tahun 2025!

EGOI merupakan kompetisi pemrograman yang dirancang khusus untuk pelajar perempuan usia sekolah menengah dari seluruh dunia. Peserta ditantang menyelesaikan serangkaian tugas algoritmik dan pemecahan masalah dalam waktu tertentu.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan EGOI keempat dan untuk pertama kalinya Huawei menjadi sponsor. Perusahaan teknologi global ini berbagi visi dengan EGOI untuk mendorong lebih banyak perempuan muda berpartisipasi di bidang STEM dan mengembangkan kepemimpinan mereka.

Asisten Virtual yang Siap Membantu Anda Untuk Menyelesaikan Banyak Pekerjaan Sehari-hari

"EGOI adalah sebuah komunitas. Ini bukan hanya soal menang tapi juga menyediakan ruang aman bagi semua peserta di mana mereka bisa menjadi diri sendiri tanpa stereotip dan batasan yang menyertainya" ujar Eljakim Schrijvers CEO EGOI 2024.

Intip Cara Pre-Order iPhone 16 Secara Resmi

Sebanyak 194 peserta perempuan berkompetisi dalam dua babak. Hasilnya 92 peserta berhasil meraih medali terdiri dari 15 emas 30 perak dan 47 perunggu. Juara pertama diraih Eliška Macáková dari Slovakia dengan 706 poin.

Dukungan Huawei tidak hanya sebatas sponsor. Dua pakar teknologi senior perempuan dari perusahaan ini memberikan kuliah tentang topik-topik terkini seperti manajemen memori dan model bahasa besar (LLM).

Halaman Selanjutnya
img_title