Ratusan Mahasiswa Bandung Positif HIV AIDS, Apa Saja Gejalanya?

Ilustrasi virus HIV AIDS
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Kasus penularan HIV AIDS saat ini didominasi oleh usia produktif antara 20-29 tahun. Menurut catatan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), hingga Desember 2021 pengidap penyakit HIV AIDS sebanyak 12.358 orang yang melakukan pelayanan kesehatan di Kota Bandung.

Mahsiswa Katolik Unpam Diserang Saat Ibadah, DPR: Kutuk Keras!

Rinciannya, 5.943 di antaranya merupakan warga Kota Bandung. Sementara mahasiswa penyumbang kasus positif HIV AIDS mencapai 6,97 persen atau 414 kasus.

Melansir berbagai sumber, HIV AIDS merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4.

Tersangka Pembubaran Kegiatan Ibadah Mahasiswa di Tangerang Ditangkap, Ternyata Bukan Orang Biasa

Jika semakin banyak sel CD4 yang hancur, maka daya tahan tubuh akan melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Penularan HIV AIDS terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh penderita, seperti darah, sperma, cairan vagina, cairan anus, serta ASI. Perlu diketahui, HIV tidak menular melalui udara, air, keringat, air mata, air liur, gigitan nyamuk, atau sentuhan fisik.

Kasus Mahasiswa STIP Dianiaya Senior, Terungkap Percakapan Terakhir Korban dengan Tersangka

Bisa dikatakan, HIV AIDS merupakan penyakit seumur hidup. Di mana virus akan menetap di dalam tubuh penderita selama seumur hidupnya. Kendati belum ada metode pengobatan, namun ada obat yang bisa memperlambat perkembangan penyakit ini dan dapat meningkatkan harapan hidup penderita.

Ilustrasi virus HIV AIDS

Photo :
  • Pixabay
Halaman Selanjutnya
img_title