Dinkes Jabar Bagi-bagi Kondom Pangkas Penularan HIV/AIDS

Ilustrasi HIV/AIDS
Sumber :
  • Pinterest

BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat  membagikan alat kontrasepsi atau kondom menyasar para Wanita Penjaja Seksual (WPS) di daerah untuk memutus mata rantai penularan HIV/AIDS. Dinkes menegaskan layanan ini juga bukan bentuk dukungan melegalkan seks di luar pernikahan.

414 Mahasiswa Bandung Positif HIV, Ridwan Kamil: Akumulasi 30 Tahun

"Jadi kita ada layanan kondom, layanan kondom ini untuk mencegah penularan penyakit menular terutama kita fokuskan ke WPS atau wanita penjaja seks, kita berikan kondom. Itu adalah program kita untuk mencegah penularan HIV itu," ujar Ketua Tim Pencegahan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinkes Jabar Yudi Komarudin, Sabtu 27 Agustus 2022.

Yudi meneranhkan, pembagian kondom itu dilakukan oleh Pemprov Jabar dengan melibatkan Dinas Kesehatan di tingkat kabupaten dan kota hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerhati HIV AIDS.

Pemprov Bagi-bagi Kondom Gratis Cegah Penularan HIV AIDS

"Kalau di wanita penjaja seks kan kebetulan kita punya LSM yang pemerhati HIV, jadi melalui LSM tersebut. Jadi mereka biasanya contoh bisanya ada satu LSM dan dia itu punya populasi kunci WPS di bawah dia gitu," katanya.

"Kalau kita (Dinas Kesehatan) langsung membagikan kondom mah siapa yang mau atuh, jadi harus melalui LSM tersebut kan mereka memang sudah dijalin hubungan inter personalnya," tambahnya.

Ratusan Mahasiswa Bandung Positif HIV AIDS, Apa Saja Gejalanya?

Ilustrasi virus HIV AIDS

Photo :
  • Pixabay
Halaman Selanjutnya
img_title