Benarkah Makan di Atas Jam 9 Malam Bisa Kena Kanker?

Ilustrasi makan
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Kanker adalah payung dari sejumlah besar penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal dalam bagian tubuh berbeda. Menurut WHO, kanker adalah penyebab tertinggi kedua kematian secara global.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Beberapa kanker yang umum terjadi pada pria meliputi kanker paru, usus besar, perut dan hati. Sedangkan pada wanita lebih rentan terhadap kanker payudara, usus besar, paru, serviks dan tiroid.

Karenanya, penting untuk diingat bahwa gaya hidup termasuk diet, memiliki bagian penting terkait dengan menurunkan risiko kanker. Tapi terlepas dari apa yang kita makan, kapan kita makan juga menjadi faktor, inilah yang diyakini peneliti untuk diketahui lebih jauh.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Menurut sebuah studi oleh para peneliti dari Barcelona Institute for Global Health, waktu makan juga menentukan siapa yang lebih berisiko membangun kanker. Ditemukan bahwa orang yang makan setelah jam 21.00 dan tidak memberikan jarak dua jam setelah makan dan sebelum tidur memiliki risiko lebih besar terkena kanker, 25 persen lebih tepatnya.

Mengutip laman Times of India, jam sirkadian biologis menentukan dan mengatur siklus tidur-bangun dan mengulang kurang lebih setiap 24 jam, yang juga dikenal dengan ritme sirkadian.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Jika jam tubuh Anda berfungsi dengan benar dan bergerak seperti seharusnya, saat jam 21.00 atau lebih malam, tubuh Anda seharusnya beristirahat untuk tidur dan tidak menjadi lebih aktif, yang bisa terjadi saat makan. Ini kemudian bisa mengganggu ritme sirkadian dan mempengaruhi tidur, lapar dan stres.

Studi ini mengevaluasi 621 kasus kanker prostat dan 1.205 kanker payudara dan melihat subyek 872 pria dan 1.321 wanita yang tidak pernah bekerja sif malam. Dengan bantuan wawancara dan kuisioner, mereka ditanyakan mengenai waktu makan, tidur dan kronotipe.

Halaman Selanjutnya
img_title