Waspada, Tubuh Bungkuk Lansia Tanda Patah Tulang Mengintai

Ilustrasi pasien osteoporosis
Sumber :
  • Eat This

BANDUNG – Tubuh yang bungkuk pada kelompok lanjut usia (lansia) kerap dikenali sebagai tanda kekuatan tulang yang menurun seiring berkurangnya usia. Kendati begitu, banyak masyarakat yang tak mewaspadai bahwa kondisi punggung yang mulai membungkuk itu bisa menjadi tanda bahaya patah tulang.

Tips dan Trik Mulung Koin di Tiktok, Dijamin Auto Sultan

Dipaparkan Ketua Umum Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) dr. Bagus Putu Putra Suryana, SpPD-KR, banyak orang menganggap hal yang wajar bila tubuh lansia mulai membungkuk lantaran usianya yang sudah tak lagi muda. Padahal, itu menjadi tanda penyakit terkait tulang yang bisa berdampak berbahaya jika dibiarkan berlarut-larut.

"Kita menganggap orang tua kalau bungkuk itu wajar, padahal tidak, tidak seharusnya terjadi. Bungkuk itu tanda gejala patah tulang belakang," kata dokter Bagus Putu Putra Suryana dalam acara virtual Ayo Tingkatkan Kesehatan Tulang, Cegah Osteoporosis, Kamis 20 Oktober 2022.

Berapa sih Nilai 1 Koin? Ini Tips Kaya Mulung Uang di Tiktok Sambil Ngabuburit

Lebih lanjut, dokter Bagus mengungkapkan bahwa risiko patah tulang sendiri bisa dialami hingga 2 persen pada orang sehat. Sementara pada kelompok pasien osteoporosis, risiko patah tulang lebih besar hingga 30 persen. Ini termasuk juga pada kelompok lansia dengan tubuh bungkuk.

"Ada orang tua terpeleset di kamar mandi, langsung tidak bisa berdiri. Itu karena patah pada tulang pahanya," kata dokter Bagus.

FYP! Cara Mulung Koin di TikTok, Dapatkan Ratusan Ribu per Hari Sambil Tiduran

Bukan tanpa alasan, berdasarkan data tercatat bahwa tulang yang sering patah akibat osteoporisis ada di 4 bagian utama. Mulai dari tulang belakang, tulang panggul, tulang paha, serta tulang lengan yang juga berisiko besar pada lansia.

Untuk mencegah sejak dini, orangtua dianjurkan bisa mengukur tinggi badan secara mandiri setiap tahunnya. Hal ini untuk menilai apakah ada perubahan pada kondisi tulang punggung, yang kerap sulit dikenali hanya dari postur tubuh.

Halaman Selanjutnya
img_title