Ibu Hamil Boleh Makan Makanan yang Dibakar Asalkan...

Ilustrasi daging bakar
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Meski sempat dibuat was-was, tapi ternyata ibu hamil boleh makan bakaran. Anda bisa makan makanan bakaran saat hamil asalkan daging atau ikan apapun jenisnya telah dimasak dengan matang. Memasak daging merah, ayam, dan ikan secara matang dapat membunuh kuman yang ada di dalamnya. Jika tidak dimasak dengan benar, bakteri atau parasit berbahaya dapat tumbuh.

Merinding! Begini Kronologi Remaja Bunuh Ibu Kandung di Sukabumi Pakai Garpu Tanah

Sementara itu, kondisi dan sistem kekebalan tubuh saat hamil akan menjadi lebih lemah. Melansir jurnal Advances in experimental medicine and biology, memasak makanan pada suhu tinggi hingga gosong dapat menghasilkan senyawa hidrokarbon aromatik polisiklik (PAHs) atau karsinogen yang teridentifikasi menyebabkan kanker.

Selain menghasilkan senyawa PAHs yang menyebabkan kanker, makan makanan gosong atau hangus juga menciptakan senyawa berbahaya lain yang disebut heterocyclic amines (HCAs) yang bisa memicu mutasi DNA. Tentunya, hal ini akan sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Bahkan, tidak hanya pada ibu hamil, bahaya ini juga bisa mengancam semua orang.

5 Rahasia Langsing Alami: Makanan Kaya Serat Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Oleh karena itu, jika Anda berada di pesta atau pertemuan dan ada makanan bakar-bakaran maupun membuatnya sendiri di rumah, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan. Ibu hamil dapat mengambil langkah-langkah berikut ini untuk mengurangi potensi PAHs akibat makan bakaran.

- Memotong makanan dalam jumlah kecil untuk mengurangi waktu memasak.

Kolesterol Tinggi? Ini 9 Kebiasaan Pagi yang Bisa Membantu Menurunkannya dalam Sebulan

- Memasak lebih lama pada suhu yang lebih rendah.

- Menggunakan foil atau perisai untuk menghindari flare-up.

Halaman Selanjutnya
img_title