Hindari Makanan Ini Jika Tak Mau Stroke di Usia Muda

Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Pola makan yang buruk menjadi salah satu risiko terhadap berbagai penyakit yang berdampak fatal, termasuk stroke. Tak terkecuali dengan asupan nutrisi yang dikonsumsi masyarakat usia muda sehingga menimbulkan risiko berbahaya terkait stroke sehingga patut menjaga pola makan sejak dini.

Dapat Kiriman Makanan Pro Israel, Zara Anak Ridwan Kamil Bangga

Dituturkan dokter spesialis saraf konsultan neurodegeneratif dr. Dyah Tunjungsari, SpN (K) dari Rumah Sakit Pondok Indah bahwa ada dua faktor risiko stroke yakni yang dapat diubah dan tidak diubah.

Salah satu yang dapat diubah adalah pola makan yang memicu stroke. Dokter Dyah menuturkan bahwa biang kerok stroke usia muda adalah hipertensi dan kolesterol tinggi.

Zara Anak Ridwan Kamil Pamer Makanan Pro Israel, Bikin Netizen Jantungan

"Hipertensi, gula darah tinggi, kolesterol tinggi dapat dimodifikasi, otomatis pasien-pasien yang tidak jaga makan, kurang serat, konsumsi lemak jenuh l, maka bisa sebabkan terjadinya faktor risiko stroke," ujarnya dalam media virtual RSPI bertajuk Transcranial Magnetic Stimulation (TMS).

Ada pun faktor risiko yang tidak dapat diubah seperti genetik, jenis kelamin, dan ras. Namun, ketika ada riwayat stroke pada keluarga, faktor yang dapat dimodifikasi harus dilakukan sejak dini. Termasuk juga dengan olahraga dan nutrisi seimbang.

Pamer Makanan Pro Israel, Anak Ridwan Kamil Kena Ulti Netizen

"Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin, apalagi bila ada riwayat stroke di keluarga," tambah dokter Dyah.

Gejala stroke sendiri diawali dengan sulit menelan air minum secara tiba-tiba, senyum tidak simetris, serta mudah tersedak.

Halaman Selanjutnya
img_title