Menelisik Asal-usul Spaghetti, Bukan dari Italia?

Ilustrasi spaghetti
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Spaghetti merupakan pasta sejenis mie yang kerap disajikan dengan saus tomat dan dikenal berasal dari Italia. Namun ternyata, asal-usul makanan ini sebenarnya masih diperdebatkan.

5 Destinasi Kota Kecil Indah di Dunia Tahun 2024, Salah Satunya Ada di Indonesia

Dilansir dari Fox News, nama Spaghetti menurut situs web restoran Mi’talia Kitchen yang berbasis di Miami, berasal dari Bahasa Italia spago yang berarti benang. 

Di sisi lain beberapa sejarawan percaya spaghetti ditemukan di Italia sementara sebagian kalangan yakin Marco Polo membawa pasta kembali ke Italia dari perjalanannya ke China. 

Rumah Mewah Ustaz Solmed Rp24 Miliar, Bikin Warganet Heboh!

Tapi sebuah buku baru-baru ini oleh sejarawan makanan Italia Massimo Montanari mengklaim bahwa tak satupun dari kisah asal-usul itu benar.

Dalam buku A Short History of Spaghetti with Tomato Sauce, Montanari mengungkapkan pasta sebenarnya ditemukan di Timur Tengah sekitar 10.000 hingga 12.000 tahun yang lalu. Pasta pertama adalah turunan dari roti tidak beragi yang dipotong menjadi potongan-potongan pipih. 

Potret Rumah Mewah Ustaz Solmed Senilai Rp24 Miliar, Dilengkapi Sirkuit dan Pom Mini

Berdasarkan informasi pada situs historyofspaghetti.com, di Timur Tengah, makanan yang dibuat dari adonan berbeda dengan makanan yang disantap sehari-hari di Kekaisaran Romawi Kuno. Makanan ini bernama itriyya yang sering digambarkan oleh orang Yunani sebagai ‘pasta kering’.

Makanan yang tahan lama merupakan salah satu sumber nutrisi utama bagi para pedagang Arab yang melakukan perjalanan ke berbagai belahan dunia. Kontak Eropa pertama dengan itriyya tercatat di abad ke-7 Masehi ketika orang Arab berhasil menduduki Sisilia. 

Halaman Selanjutnya
img_title