Cara Membuat Oatmeal yang Praktis dan Murah, Cocok untuk Diet

Ilustrasi oatmeal
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Oatmeal atau havermut adalah sejenis tepung kasar yang terbuat dari gandum yang sudah dikupas. Tepung kasar tersebut dibuat dengan teknik giling, potong, atau dipipihkan/tumbuk. Pada umumnya oatmeal dikonsumsi dimasak terlebih dahulu dengan air panas atau susu agar bentuknya menyerupai bubur.

Ikuti 5 Tips Ampuh Ini Agar Mudik Lebaran Nyaman Tanpa Mabuk Perjalanan

Selain dengan susu, oatmeal sering juga dinikmati dengan kismis, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Oatmeal juga kerap digunakan sebagai bahan utama dalam sereal dan granola. 

Oatmeal kini sering dijumpai dengan berbagai jenis modifikasi mulai dari kue, kukis, bahkan digunakan sebagai bahan pengental sayur ala Arab dan Mesir.

Menu Sahur yang Bisa Bantu Anda Turunkan Berat Badan

Kandungan Gizi Oatmeal

Oatmeal yang dimasak, direbus, atau dipanaskan di oven mengandung 84 persen air, 12 persen karbohidrat termasuk 2 persen serat pangan, 2 persen protein, dan 2 persen lemak. Sebanyak 100 gram oatmeal menghadirkan 29 persen mangan harian sebagai fosforus dan seng. 

Hukum Menelan Sisa Makanan di Gigi saat Puasa, Menurut Buya Yahya

Manfaat Oatmeal untuk Diet

Karena diperkaya dengan gizi, tak jarang oatmeal dijadikan opsi sebagai makanan penurun berat badan pengganti nasi dan untuk orang-orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat. Dilansir dari situs SehatQ milik Menteri Kesehatan, berikut manfaat oatmeal untuk diet.

Halaman Selanjutnya
img_title