Mudah, Begini Cara Membuat Es Lilin Jajanan masa Kecil

Es Lilin Durian
Sumber :
  • Instagram @plasa.cake

BANDUNG – Bagi sebagian orang, es lilin sudah akrab pada masa kecil. Ciri khasnya adalah dibungkus menggunakan plastik kecil yang memanjang. Kudapan segar ini identik dengan Jawa Barat khususnya Kota Bandung.

Resep Praktis Opor Ayam Bumbu Kuning ala Chef Devina Hermawan, Cobain Yuk!

Ternyata jajanan ini sudah eksis dari tahun 1950-an. Dilansir dari berbagai sumber, es lilin awalnya memiliki rasa yang sederhana. Pada awal tahun 1950-an banyak warga pedesaan di Bandung yang berjualan es lilin.

Seperti lagu tentang es lilin, awal mulanya kudapan ini hanya memiliki satu rasa, yang merupakan perpaduan antara santan kelapa, tepung es dan gula yang dibekukan, lalu es-es itu dijual di sekitar Kota Bandung. Selain rasa tersebut, terkenal pula rasa kacang hijau dan kelapa muda.

Resep Mudah Opor Ayam Lebaran ala Chef Devina Hermawan, Dijamin Ketagihan

Kemudian di tahun 1980-an, es lilin mulai tergusur oleh zaman. Saat itu sudah mulai muncul varian es yang lebih variatif dan lebih murah. Ditambah lagi kemunculan lemari es yang membuat popularitas es lilin tergeser oleh beragam es krim dari barat yang menarik publik pada masa itu.

Kini sudah banyak masyarakat yang kembali bernostalgia dengan jajanan masa kecil tersebut. Sudah terdapat berbagai varian rasa buah pada es lilin masa kini.

Ini Menu Sahur yang Sehat dan Nggak Bikin Gemuk, Kuat Sampai Buka Puasa

Selain itu, jika kamu ingin bernostalgia dengan membuat es lilin sendiri di rumah, kamu dapat mengikuti resep di bawah ini agar mengetahui cara membuat es lilin.

- Es Lilin Mangga

Halaman Selanjutnya
img_title