Cek Fakta: Gempa Besar Bakal Guncang Waduk Cirata

Waduk Cirata
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

BANDUNG – Baru-baru ini warga Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya dihebohkan dengan beredarnya informasi jika bakal ada gempa besar di Waduk Cirata akibat sesar Cirata yang aktif.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 17 Mei 2024

Bahkan, informasi itu menyebut bahwa Gunung Gede meletus usai. Kedua bencana itu akibat dari gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Menanggapi hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) angkat suara. Di mana jika informasi yang beredar tersebut adalah hoaks alias berita bohong.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 17 Mei April 2024

"Berita tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut," demikian bunyi pernyataan BMKG Bandung diliat dari akun twitter @infoBMKG, Rabu 23 November 2022.

BMKG menegaskan informasi tersebut merupakan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat. Sebab, informasi itu tidak mempunyai dasar alamiah yang jelas.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 7 Mei 2024

"Perlu diketahui bahwa sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan dimana dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi. Informasi resmi yang diperoleh dari PVMBG. hingga saat ini status Gunang Gede masih dalam status level I atau normal," tulisnya.

Kemudian BMKG mengimbau agar masyarakat bisa tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan kabar atau informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman Selanjutnya
img_title