TKW Diduga Disekap di Riyadh, Salah Satunya Warga Lembang

Ilustrasi Pemerkosaan
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Viral di media sosial sebuah video yang menampilkan dugaan penyekapan terhadap Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia di Riyadh, Arab Saudi. Dalam rekaman itu terdapat suara wanita yang minta dibebaskan.

Jelang Timnas U-23 Hadapi Laga Semifinal, Pelatih Arab Saudi Bongkar Kekuatan Uzbekistan U-23

Salah seorang TKW yang merekam video tersebut meminta bantuan pemerintah agar mereka bisa bebas dan pulang ke tanah air. Mereka menyebut-nyebut nama Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Mereka mengaku sudah tidak kuat lagi, bahkan sebagian teman sesama TKI dikurung dan tidak diberi makan. Mereka mengaku berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat, seperti Sumedang, Sukabumi, Karawang, dan bahkan ada yang berasal dari Indramayu.

Garuda Muda Siap Hadapi Uzbekistan, Shin Tae-yong Ungkap Rahasia Keunggulan Timnas U-23

Salah satu TKW yang teridentifikasi bernama Halimah (31) asal Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Dikonfirmasi melalui Sekdes setempat, jika benar Halimah menjadi TKW usai pihaknya bertemu dengan pihak keluarga.

Top Skor Uzbekistan Janji Akan Taklukan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal

"Kami menerima laporan ada warga kami diduga disekap di Riyadh. Dari tindak lanjut ke alamat KTP yang beredar, kami komunikasi dengan keluarga ternyata benar yang bersangkutan warga kami," ujar Agus kepada wartawan, Senin, 12 Desember 2022.

Dari keterangan keluarga, diduga jika Halimah pergi ke Arab Saudi melalui jalur ilegal. Pasalnya, Halimah pergi ke Arab Saudi tanpa diketahui pihak keluarga.

Halaman Selanjutnya
img_title