Ahli Psikologi Ungkap Kepribadian Ferdy Sambo, Cerdas Tapi Mudah Emosi

Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

BandungAhli Psikologi Forensik, Reni Kusumowardhani bongkar kepribadian eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo. Reni dihadirkan jadi saksi ahli dalam sidang lanjutan perkara pembunuhan Novriannsyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Terungkap Alasan Teuku Ryan Sebut Ria Ricis Istri Durhaka

Reni mengatakan figur Sambo punya kepribadian yang kurang percaya diri dalam mengambil keputusan. Hal itu terutama keputusan dalam masalah besar. Sambo membutuhkan peran orang lain untuk mengambil keputusan.

"Tipe kepribadiannya pada dasaran bapak FS ini merupakan individu kurang percaya diri. Dan, membutuhkan dukungan orang lain dalam bertindak dan mengambil keputusan terutama hal besar," kata Reni di ruang persidangan, Rabu, 21 Desember 2022.

Emosi! Ivan Gunawan Peringatkan Penjual Online yang Palsukan Produknya: Jangan Nipu

Menurut dia, Sambo juga punya pengalaman semasa kecil yang membuatnya nyaman bila ada orang orang yang melindungi di sekitarnya.

Namun, Reni mengungkap sosok Sambo sebagai orang yang mudah terpancing emosi. Sambo merupakan orang yang mudah dikendalikan oleh emosinya dan tidak berpikir panjang bila harga dirinya terganggu.

Tes Poligraf Bakal Dipakai Ungkap Kebohongan Yudha Arfandi, Ini Alasannya

"Jadi, ada mudah self esteem-nya, harga dirinya terganggu apabila kehormatannya terganggu," lanjut Reni.

"Dan, kemudian dapat jadi orang yang dikuasai emosi tidak terkontrol, tidak dapat berpikir panjang terhadap tindakan yang dilakukan," ujar Reni.

Halaman Selanjutnya
img_title