Rusia 'Dalang' Provokasi Aksi Bakar Alquran?

Politikus Swedia, Rasmus Paludan
Sumber :
  • Instagram: cgtn

BANDUNG – Menteri luar negeri Finlandia menduga Rusia mungkin terlibat dalam protes pembakaran Al Quran minggu lalu yang mengancam akan menggagalkan aksesi Swedia ke NATO

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Rasmus Paludan, seorang aktivis sayap kanan dengan kewarganegaraan ganda Denmark dan Swedia, membakar kitab suci umat Islam tersebut di depan kantor Kedubes Turki di Stockholm, membuat Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengesampingkan dukungannya untuk Swedia bisa masuk ke North Atlantic Treaty Organization atau NATO.

Potensi hubungan Paludan dengan Rusia telah "diselidiki dan hubungan tertentu di sekitarnya telah ditemukan," kata Pekka Haavisto dari Finlandia sebatas isyarat, dalam sebuah wawancara di YLE TV1, melansir Al Arabiya. 

Tutorial Log In Yandex, Bisa Langsung Nonton Ratusan Film Secara Gratis

Episode tersebut mengatakan "(Ini) menimbulkan pertanyaan apakah ada pihak ketiga yang berusaha mengaduk-aduk, misalnya Rusia, atau pihak lain yang menentang keanggotaan NATO dan ingin memprovokasi untuk mencapainya. Ini tidak bisa dimaafkan," kata Haavisto.

Pemerintah Swedia belum berkomentar secara terbuka tentang hubungan apa pun antara Paludan dan Rusia, tetapi Perdana Menteri Ulf Kristersson minggu ini menyoroti kekuatan yang mungkin ingin menjaga negaranya keluar dari aliansi militer. 

Profil Salwan Momika, Atheis Liberal yang Bakar dan Injak Al-Quran di Hari Idul Adha

"Ada kekuatan, baik di dalam maupun di luar Swedia yang ingin menghalangi keanggotaan Swedia di NATO,” kata Kristersson. “Dengan latar belakang itu kita perlu melihat para provokator yang ingin memperburuk hubungan Swedia dengan negara lain."

Turki dan Hungaria adalah satu-satunya dari 30 anggota NATO yang belum meratifikasi aplikasi Finlandia dan Swedia.

Halaman Selanjutnya
img_title