Terbaru! Covid-19 Varian Kraken Sudah Masuk ke Indonesia, Masyarakat Diharap Waspada

Ilustrasi Covid-19
Sumber :
  • Pixabay

Bandung – Masyarakat Indonesia diharap waspada. Pasalnya, isu Covid-19 kembali ditemukan dan sudah mulai merebak di Indonesia. Bukan jenis yang lama, kali ini virus Covid-19 hadir dengan varian baru dengan sebutan 'Kraken' atau 'XBB 1.5'.

Akibat Perubahan Iklim, Jokowi Pastikan Masyarakat Akan Dapat Bansos Beras Hingga Juni 2024

Menurut para ilmuwan, nama 'Kraken' terkait dengan monster laut dari mitologi Norse. Dinamai Kraken untuk memudahkan publik mengidentifikasi, karena saat ini sudah ada lebih dari 650 subvarian Omicron. Jenis varian baru ini lebih memiliki kemampuan untuk menghindari imunitas pada tubuh seseorang. 

Dilansir dari marca.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pernah menyebutkan, bahwa Covid-19 jenis Kraken ini menjadi subvarian yang paling menular saat ini. Seperti di Amerika Serikat (AS), varian Covid-19 dengan istilah baru ini telah membuat sejumlah pasien disana dirawat di rumah sakit dan sudah mengalami kelonakan 16,1 persen dalam beberapa waktu belakangan ini.  

Profil, Karir dan Instagram Maria Zhang, Pemeran Suki di Serial Avatar: The Last Airbender

Adapun kasus pertama Covid-19 varian Kraken di Indonesia bermula dari salah satu Warga Negara Asing (WNA) asal Polandia yang datang ke Indonesia pada awal Januari 2023 yang lalu. Diketahui, WNA tersebut hanya mengalami gejala batuk.

Kemudian, kasus kedua varian Kraken diketahui berasal dari perempuan domisili Pamulang, Tangerang Selatan. Hal itu dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Sehingga total hingga kini ada 2 kasus Covid-19 varian XBB 1.5 atau kraken yang ada di Indonesia.

Presiden Jokowi Diisukan Akan Merapat Ke Golkar, Begini Kata Airlangga Hartarto

dr. Maxi Rein Rundonuwu

Photo :
  • VIVA.co.id

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, dokter Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan, pasien tersebut baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri.

Halaman Selanjutnya
img_title