Ketum PDIP Megawati Digugat Kader Sendiri di PN Jakpus, Dianggap telah Melanggar Hukum

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Instagram

Bandung, VIVA - Ketua Umum (Ketum) PDI-P Megawati Soekarno Putri digugat kader sendiri alias kader PDIP di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Sejarah PDI-Perjuangan, Satu-satunya Partai DPR yang Tidak Gabung KIM Plus

Gugatan tersebut terdaftar dengan  nomor perkara 540/Pdt.G/2024/PN.Jk.Pst, tanggal 5 September 2024, gugatan ini dibuat oleh beberapa anggota PDIP.

Dalam gugatannya, mereka mendesak agar Megawati bertanggung jawab atas seluruh surat rekomendasi (SK) PDIP soal pencalonan kepala daera di berbagai kabupaten/kota hingga provinsi.  

Ternyata Anies Gagal Maju di Pilgub Jakarta dan Jabar Karena Dijegal oleh Sosok Ini, Kata Ono Surono

"Dimana SK rekomendasi ketua partai tersebut diduga cacat hukum dan menimbulkan keadaan yang sulit dikembalikan kepada keadaan semula secara hukum terhadap para anggota PDIP dan masyarakat seluruh Indonesia," ujar Anggiat BM Manalu, kuasa hukum kader PDIP Djufri dkk, dalam keterangannya, Sabtu (7/9/2024).

Selain itu, mereka menganggap SK tersebut cacat hukum lantaran kepengurusan Megawati sebagai Ketum sudah selesai pada Agustus 2024.   

Anies Baswedan Batal Maju di Pilkada Jawa Barat

"Sehingga (Megawati) tidak lagi berwenang untuk mengangkat dan melantik pengurus baru PDIP untuk tahun 2019-2024 hingga 2025," ujar Anggiat.

Lanjutan penjelasannya, jika dilihat dari AD/ART PDIP, setiap kali akan menyusun kepengurusan DPP PDIP maka harus melakukan kongres terlebih dahulu. Alhasil mereka menilai kepengurusan DPP PDIP periode 2019-2024 hingga 2025, dinggap tidak sah dan cacat secara hukum. 

Halaman Selanjutnya
img_title