Kota Bandung Terancam Hilang dari Tujuan Wisawan Asing

Ilustrasi wisatawan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA BANDUNG – Longgarnya mobilitas masyarakat di Kota Bandung terutama pada sektor pariwisata jadi stimulus memulihkan keadaan di lini perekonomian. Bahkan, Bandung yang sebelumnya kerap jadi sasaran wisatawan Asing terkendala dengan ditiadakannya rute penerbangan Internasional ke Bandung.

PSI Kembali Gagal Lolos ke Senayan, Reaksi Kaesang Pangarep Jadi Sorotan

Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Dapil Bandung dan Cimahi, Muhammad Farhan menilai, rute penerbangan Internasional di Bandung harus dibuka kembali karena untuk menjaga marwah Kota Bandung yang terbuka dengan wisatawan asing.

"Saya sangat khawatir jika ini dibiarkan, Kota Bandung akan hilang dari tujuan utama destinasi wisatawan mancanegara," ujar Farhan dalam keterangannya, Rabu 8 Februari 2023.

JAN Apresiasi Satgas P3GN Polri Bongkar Jaringan Narkoba Internasional Fredy Pratama

Farhan menilai, rute secara langsung ke Bandung dipastikan memberi kenyamanan bagi wisatawan Asing dari segi transportasi. "Karena sampai awal tahun 2020, masih ada tujuh layanan penerbangan Internasional langsung ke Bandara Husein. Sehingga wisatawan mancanegara bisa menghindari kerumitan mencari moda transportasi darat ke Bandung," terangnya.

Menurutnya, jika rute ini dibiarkan dan tak diberlakukan kembali, Bandung akan semakin dilupakan wisatawan Asing. "Kondisi ini mempersulit akses. Nanti para wisatawan belanja garmen yang biasanya akses langsung ke Pasar Baru Bandung, malah ke Pasar Tanah Abang Jakarta," terangnya.

Anies Baswedan Jawab Soal Normalisasi HTI dan FPI Jika Jadi Presiden

Bahkan, lanjut Farhan, rute penerbangan Internasional secara langsung ke Bandung jadi momentum akselarasi pemulihan ekonomi setelah dilonggarkannya aturan Pandemi COVID-19. "Padahal Kota Bandung membutuhkan dukungan serius dalam kerangka kebangkitan ekonomi Nasional," tegasnya.

"Selama Bandara Husen tidak dibuka untuk penerbangan Internasional, maka jangan harap wisatawan mancanegara akan membanjiri kota Bandung. PAD (Bandung) sangat tergantung pada sektor Pariwisata, yang salah satu kuncinya adalah akses transportasi yang mudah, aman dan terjangkau," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title