Kemenag Umumkan Awal Puasa Ramadan 2023 Jatuh Pada Kamis Besok, Sudah Bisa Tarawih Malam Ini

Kemenag umumkan 1 ramadan
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Bandung - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia Yaqut Choli Qoumas secara resmi mengumumkan 1 ramadan tahun ini jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp 500.000 Hari Ini, Klik Link 'Berkah Ramadan'

Masyarkat di seluruh Indonesia bisa menjalankan ibadah puasa mulai besok dan bisa melaksanah solat tarawih pada malam hari ini.

Hal tersebut diketahui setelah Kemenag melakukan rukyatul hilal di 124 titik di berbagai daerah di Indonesia. Terdapat beberapa orang telah melihat hilal.

Begini Penampakan Ammar Zoni saat Bulan Ramadhan di Penjara

"Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi antara 6 derajat 42 menit sampai 8 derajat 45 menit dan elongasi dan elongasi 7, 55 sampai 9,56 menit. 124 titik rukyatul hilal ada beberapa orang melihat hilal, oleh karena itu sudah diatas ufuk dan kriteria MABIMS. Oleh karena itu secara mufakat bahwa 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023,," ujar Yaqut Cholil di gedung Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat pada Rabu 22 Maret 2023.

Yaqut juga mengatakan bahwa dalam menentukan 1 Ramadhan ini, Kemenag gunakan dua metode dalam sidang isbat yakni hisab atau perhitungan dan rukyat atau melihat langsung hilal.

Ustaz Khalid Basalamah Larang Beli Baju Lebaran di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ini Alasannya

Penentuan awal Ramadan ini juga dilakukan atas laporan dari 124 lokasi yang sudah ditentukan Kementerian Agama.

Adapun pengamatan itu dilakukan di beberapa Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama, peradilan agama, organisasi Islam, dan beberapa instansi lain.