Gunung Semeru Semburkan Lava Pijar Sejauh 2.000 Meter, Level Siaga !

Gunung Semeru Muntahlan Lava Panas
Sumber :
  • tvOneNews.com

VIVA Bandung - Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur kembali terpantau menyemburkan guguran lava pijar, dengan jarak luncur sejauh 2 kilometer ke sisi tenggara atau mengarah ke Besuk Kobokan. Hingga saat ini, tingkat aktivitas Gunung Semeru masih di level 3 atau siaga.

Gempa Bumi di Bantul Dipastikan Tidak Mempengaruhi Aktivitas Gunung Merapi

Berdasarkan laporan periodik petugas Pos pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru periode Minggu (26/3/2023) pukul 18.00 - 24.00 WIB, terpantau mengalami 23 kali letusan, 1 kali guguran, 1 kali hembusan, 3 kali tremor harmonik dan 3 kali tektonik jauh.

Sigit Rian Alfian petugas pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru mengatakan, Gunung Semeru memuntahkan lava pijar sejauh 2 kilometer.

Polres Boyolali Berikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Terdampak Abu Vulkanik

"Teramati guguran lava pijar dengan jarak hingga 2 kilometer ke arah tenggara atau besuk kobokan," ujar petuas piket PPGA Semeru, Sigit Rian Alfian dalam laporan tertulisnya.

Sedangkan pada tingkat aktivitas Gunung Semeru yang masih level 3 atau waspada.

Erupsi Gunung Merapi Masyarakat Diminta Waspada

PVMBG telah mengeluarkan beberapa rekomendasi kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas apapun dalam radius 13 kilometer dari puncak Gunung Semeru dan 500 meter dari bantaran sungai hingga 17 kilometer di sepanjang aliran lahar.

Pihaknya menghimbau, agar masyarakat mewaspadai potensi awan panas guguran disepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

Halaman Selanjutnya
img_title