Nasib Jemaat GKPS Purwakarta yang Rumah Ibadahnya Disegel Bupati Anne Ratna Mustika

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika
Sumber :
  • Instagram @anneratna82

VIVA Bandung – Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan keputusan Pemkab Purwakarta yang menyegel Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) di Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao, Purwakarta, Jawa Barat. 

Nikahi Polisi Bandung, Anak Camat di Purwakarta Kaget Diberi Mahar Emas Palsu

Alasan Pemkab Purwakarta menyegel GKPS karena bangunan tersebut tak berizin untuk digunakan sebagai rumah ibadah.

Kepala Kantor Kemenag Purwakarta, Sopian, mengatakan, para jemaat yang melakukan kegiatan peribadatan di gereja itu sudah mengakui bahwa bangunannya ilegal alias tidak mengantongi izin. Baik dari lingkungan setempat maupun pemerintah terkait rumah peribadatan. 

Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Rayakan Lebaran Secara Bersama-sama

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika segel tempat ibadah GKPS

Photo :
  • Istimewa

Sopian mengatakan, GKPS itu melanggar peraturan SKB 2 Menteri tentang pendirian rumah ibadah. Maka dari itu, kata Sopian, untuk sementara kegiatannya harus dihentikan untuk menghindari kesalahpahaman dan memicu konflik horisontal di antara masyarakat. 

Kemenag Glontorkan Dana Tunjangan Hari Raya Bagi Guru PAI, Anggarannya Capai Rp6 Triliun

Namun meskipun demikian, lanjut Sopian, pihaknya telah menyiapkan solusi dan rekomendasi agar para jemaat tetap bisa melaksanakan ibadah. 

"Kami menyarankan agar mereka bisa beribadah ke gereja-gereja lain yang perizinannya sudah dipenuhi," katanya dikutip VIVA Bandung, Senin (3/4/2023).

Halaman Selanjutnya
img_title