Profil Anas Urbaningrum, Mantan Ketua Umum Demokrat yang Bebas Hari Ini

Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum bebas hari ini Selasa 11 April 2023 setelah menjadi terpidana dalam kasus korupsi Hambalang. Anas sebelumnya tengah menjalani masa pidana di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. 

Jadi Tersangka Penyalahgunaan Narkoba, Chandrika Chika Terancam 4 Tahun Penjara

Setelah bebas atau cuti menjelang bebas, Anas akan menjadi klien balai pemasyarakatan dan bukan lagi warga binaan Lapas. Anas pun nantinya masih diwajibkan lapor tiap bulannya. Berikut ini profil Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang bebas hari ini. 

Profil Anas Urbaningrum

Selain Narkoba, Selebgram Chandrika Chika Juga Positif Metafetamin

Anas Urbaningrum merupakan pria yang lahir di Blitar pada 15 Juli 1969, berarti saat ini usianya 53 tahun. Karier politiknya diawali dari Partai Demokrat. Hidupnya menjalani masa transisi dari Orde Baru menuju Era Reformasi. Anas juga banyak memiliki keterlibatan dalam membangun sistem pemilu baru. 

Salah satunya dengan menjadi anggota tim Revisi Undang-Undang Politik atau Tim Tujuh. Pada saat itu hal tersebut menjadi salah satu tuntutan dalam reformasi 1998.

Diduga Lakukan Penodaan Agama Lewat Konten, TikToker Galih Loss Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Hasil dari Tim Tujuh dengan Ryaas Rasyid yang memimpinnya tersebut melahirkan UU No. 2/1999 tentang Partai Politik, UU No. 3/1999 tentang Pemilhan Umum, dan UU No. 4/1999 tentang Susunan dan Kedudukan MPR, DPR dan DPRD. Itu menjadu sebuah produk baru untuk menggelar sistem Pemilu yang baru.

Kemudian Anas bergabung dalam Tim Sebelas atau Tim Seleksi Partai Politik saat persiapan tahapan Pemilu 1999. Tim Sebelas bertugas melakukan verifikasi kelayakan data administrasi partai politik yang bisa ikut dalam pesta demokrasi tersebut. Pada saat itu sebanyak 48 partai politik lolos seleksi dan ikut Pemilu 1999.

Halaman Selanjutnya
img_title