Indonesia dan Malaysia Kambali Bentrok, Kali Ini Soal Pabrik Mobil China

Mobil merek China, Chery
Sumber :
  • 100kpj.com

VIVA BandungIndonesia digadang-gadang untuk menjadi pusat produksi mobil merek China, yakni Chery. Namun baru-baru ini, perusahaan mobil tersebut dikabarkan akan mengucurkan dana untuk bangun pabrik di Malaysia.

Sempat Dijuluki Lionel Messi dari Asia, Begini Nasib Andik Vermansah Sekarang

Rencananya, pembangunan pabrik di Indonesia terungkap pada tahun lalu, namun hingga saat ini PT Chery Sales Indonesia masih numpang merakit mobil-mobilnya di pabrik PT Handal Indonesia Motor, Bekasi.

Saat ini mobil yang mereka rakit, atau sekadar bongkar pasang tanpa menggunakan komponen lokal adalah Chery Omoda 5, Tiggo 7 Pro, dan Tiggo 8 Pro. Lalu gimana nasib pabriknya di Indonesia?

Korlantas Polri Catat 1.581 Kasus Kecelakaan Terjadi di Momen Mudik Lebaran Tahun Ini

Melansir dari 100kpj.com, Presiden PT CSI Shawn Xu menyatakan, Indonesia tetap berpotensi untuk pasar Asean dan akan tetap melakukan produksi, meskipun ada Malaysia, dan Thailand yang akan membantu menjalankan bisnis ekspornya.

“Tidak ada yang berubah dari strategi sebelumnya,” ujar Shawn di Jakarta, dikutip VIVA Bandung pada Rabu (10/5/2023).

Profil Arie Febriant, Karyawan Pertamina yang Ludahi Pengendara Mobil

Sementara itu, Vice Presiden PT CSI, Hary Kamora mengatakan, pabrik Chery di Malaysia fokusnya untuk memenuhi kebutuhan pasar di negaranya, meskipun nanti bisa membantu Indonesia jika kebutuhan ekspor tinggi.

“Untuk antisipasi total pasar Asia, mereka bisa ekspor (Malaysia). Tapi priorotas utama Indonesia, tidak berubah,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title