Jemaah Haji Lansia Asal Surabaya Dirujuk ke RSAS Madinah, Ini Penyebabnya

Jemaah Haji Lansia
Sumber :

Vivaa Bandung – Pada hari Minggu, 28 Mei 20223, banyak jemaah haji diberangkatkan ke Madinah. Ada banyak jemaah haji lansia yang mengalami penurunan kesehatan. Ketika tiba di Bandara Internasional Ameer Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, dilaporkan mengalami kondisi kesehatan yang menurun, bahkan ada yang hilang kesadaran.

Kapan Puasa Syawal Dilaksanakan? Begini Anjuran dan Keutamaannya

Jemaah yang mengalami kehilangan kesadaran tersebut adalah Murodi (80 tahun), jemaah kloter Surabaya SUB 10. Ketika turun dari pesawat, Murodi terlihat memakai kursi roda dan tidak sadarkan diri. 

Menurut Kepala Pos Kesehatan Bandara, Dr. Novitasari, Murodi mengalami hipertensis krisis dengan tensi mencapai 220/100.

Bacaan Niat Zakat Fitrah Lengkap, Arab Latin dan Artinya

"Ini  sangat berbahaya kondisinya hipertensi krisis dengan hipoglikemik,  kesadaran menurun kita rujuk trease merah dirujuk ke klinik bandara. Karena harus dicek lebih lanjut kemudian dibawa ke RSAS Madinah," ujar Dr Novi.

Selain Murodi, jemaah lain dari kloter yang sama juga sempat dirawat di Embarkasi. Namun ketika hendak berangkat, hasil pemeriksaan meloloskannya. 

Heboh! Pastor Eastwood Ajak Jemaatnya ke Masjid dan Teladani Umat Muslim Soal Ini

"Memang lansia kondisinya naik turun sehingga tiba ngedrop lagi dan  dibawa ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia," terang Dr Novi.

Jemaah yang mengalami penurunan kesehatan ketika tiba di AMAA adalah Aiyub Jalil, dengan kondisi penyakit paru obstruksi kronik (PPOK) yang dialaminya, membuat ketika turun dari pesawat mengalami sesak.

Halaman Selanjutnya
img_title