Dampak Perayaan Waisak 2023 Terhadap Ekonomi di Candi Borobudur dan Sekitarnya

Candi Borobudur
Sumber :

Viva Bandung – Febrina Intan, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) menyebutkan bahwa momentum Waisak 2023 di Candi Borobudur memberikan dampak ekonomi yang positif guna mendorong ekonomi setempat. Hal itu terlihat dari adanya peningkatan okupansi penginapan hingga menggerakkan UMKM.

Rayakan Waisak, Umat Buddha Jalan Kaki dari Candi Mendut Menuju Candi Borobudur

Febrina juga mengatakan bahwa inklusivitas menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, setiap acara di kawasan yang dikelolanya, pelaku usaha di sekitarnya juga akan mendapatkan manfaat.

"Waisak adalah event yang dinanti-nantikan masyarakat sekitar Borobudur. Saat Waisak ekonomi impact-nya (dampaknya) sangat positif. Misalnya, homestay, ada pemberdayaan homestay untuk masyarakat di sekitar sini, itu sudah penuh. UMKM juga mereka mendapatkan impact-nya," katanya

Perayaan Waisak Menjadi Momen untuk Menata Ulang Fungsi Candi Borobudur

Dia juga mengaku belum dapat menjelaskan jumlah angka dampak ekonomi atas perayaan Waisak ini. Harapannya, acara Waisak yang khidmat dan sakral bisa terus dilaksanakan. Begitu pula acara lain yang menyedot perhatian pengunjung.

"Bagi kami di Borobudur, event seperti ini tidak boleh hanya sekali. Setiap bulan harus ada sesuatu. Masyarakat tetap datang ke sini tidak hanya mengeksplorasi Borobudur sebagai cagar budaya tapi juga experience lain yang bisa dirasakan," katanya.

Hari Raya Waisak, Ribuan Umat Buddha Akan Datang ke Borobudur

Ada beberapa program dan acara yang akan dilaksanakan di kawasan Candi Borobudur setelah ini. Di antaranya ada lomba maraton, eksplorasi, sampai program wisata spiritual.

TWC juga berharap bisa mendapatkan pasar dari Bangkok, Thailand yang mayoritas beragama Buddha.

Halaman Selanjutnya
img_title