Sebut MUI Tak Punya Hak Atur Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang: Kita Harus Merdeka

Pengasuh Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • YouTube Al-Zaytun Official

VIVA Bandung – Majelis Ulama Indonesia (MUI) dikabarkan akan melakukan investigasi langsung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu karena buntut dari ajaran-ajaran yang dinilai kontroversial.

Daftar Film Indonesia yang Disarankan Diboikot karena Diduga Menyesatkan

Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian, Prof Utang Ranuwijaya, pihaknya telah membentuk tim khusus untuk datang ke Ponpes besutan Panji Gumilang tersebut. Ia menegaskan, MUI sudah bersurat secara resmi ke Ponpes Al Zaytun.

"Peneliti sekarang sedang menyiapkan diri untuk turun ke lapangan, kelihatannya pekan depan lah akan turun ke lapangan," kata Prof. Utang Ranuwijaya dilansir dari akun TikTok @herrypatoeng, Sabtu (10/6/2023).

MUI Blokir Penayangan Film Kiblat, Kirim Pesan Ini ke Sutradara

Mengetahui hal itu, Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang merasa tidak takut dengan ancaman tersebut dan seakan menantang MUI untuk membuktikan ajaran di Ponpes Al Zaytun yang dianggap sesat.

"Terserah mau difatwai MUI haram, makruh maupun halal," ungkap Panji Gumilang dalam video yang beredar di akun TikTok @herrypatoeng.

Dianggap Kontroversi, MUI Larang Film Horor Kiblat Tayang: Tak Mendidik!

Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Photo :
  • VIVA.co.id

Bahkan, Panji Gumilang juga mengeluarkan pernyataan bahwa MUI tidak ada hak mengeluarkan fatwa apapun. Menurutnya, MUI bukan Tuhan, Nabi, atau bahkan bukan Rasul yang bisa mengeluarkan fatwa sendiri. 

Halaman Selanjutnya
img_title