Panji Gumilang Beri Alasan Indonesia Tanah Suci. Mekkah Hanya Tempat Ibadah

Profil Panji Gumilang
Sumber :

Viva Bandung – Menurut Panji Gumilang, banyak orang Indonesia tidak tahu bahwa Indonesia adalah tanah suci karena mereka tidak pernah membaca lagu kebangsaannya. Ia mengutip lirik lagu Indonesia Raya di mana Tanah Tumpah Darahku disebutkan. 

Usai Unggah Foto Starbucks di Mekkah, Zita Anjani Malah Tantang Balik Masyarakat Soal Ini

"Tanah tumpah darahku itu artinya tanah suci. Kalau kamu tidak tahu itu artinya kamu tidak membaca lagu kebangsaanmu," tegas Panji Gumilang dalam tayangan video tersebut.

Pidato Panji Gumilang tentang tanah Indonesia yang suci baru-baru ini dirilis dalam video. Dia bahkan mengubah lirik dari lagu Indonesia Raya menjadi "Indonesia Tanah Suci", dengan lantang menyerukan "Indonesia Tanah Suci". 

Liga Muslim Dunia Tulis Sepucuk Surat Untuk Prabowo Soal Pilpres, Isinya Tak Terduga

Bahkan, dia memberi tahu para pendengar bahwa Indonesia juga suci, jadi mereka tidak perlu mati jauh di Tanah Suci Mekkah. Oleh karena itu, topik ini langsung menjadi topik diskusi di media sosial. 

“Indonesia tanah suci, nggak usah mau mati di tanah suci yang jauh, di Indonesia juga mati suci,” seru Syekh Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat yang dilansir dari akun YouTube Rezky Maisya Putra

Kapan Puasa Syawal Dilaksanakan? Begini Anjuran dan Keutamaannya

Lagu Indonesia Raya Stanza ke 3 menunjukkan bahwa Indonesia adalah tanah suci. Selain itu, pernyataan kontroversialnya tentang ketidakpercayaan terhadap hadist Nabi Muhammad SAW membuat publik heboh. 

Ia juga menyinggung soal perjalanan haji dan umrah ke Mekkah dan Madinah yang memerlukan biaya sekitar Rp35 juta rupiah. Pimpinan Ponpes Al-Zaytun itu menganggap bahwa hal tersebut tidak perlu dilakukan karena tanah suci ada di Indonesia.  

Halaman Selanjutnya
img_title