Gunung Anak Krakatau Tiga Kali Meletus, Abu Vulkanik Mencapai Ketinggian 3,5 Km

gunung anak krakatau
Sumber :

Viva BandungGunung Anak Krakatau dilaporkan kembali meletus sampai tiga kali selama Sabtu, 10 Juni 2023. Akibat letusannya, ketinggian erupsi antara 1.500 sampai 3.500 meter dari atas puncak.

Anak Gunung Krakatau Kembali Erupsi

Letusan tertinggi terjadi pada pukul 17.50 WIB yang mencapai sampai 3.500 meter. 

Menurut laporan petuga Pos Pantau Gunung Anak Krakatau Pasauran, Ade Yasser Akhmat Purwata, kolom abu berwarna kelabu tercatat mengarah ke Barat Laut.

Bahaya! Gunung Anak Krakatau Berstatus Siaga Level III

Laporan tersebut sudah diunggah di Magma Indonesia, sebuah aplikasi resmi milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kondisi erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 70 mm selama 2 menit 37 detik. Adapun permukiman terdekat berada di Pulau Sebesi dengan jarak 16,5 km.

Gunung Anak Krakatau Kembali Meletus, Kini Status Level Sudah Siaga

Dalam laporan yang disusun oleh Jumono, seorang petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau Pasauran, erupsi ini memuntahkan abu vulkanik yang mencapai tinggi 1.500 meter dan mengarah ke Barat Laut pada pukul 14.31. Amplitudo maksimum adalah 70 mm selama 2 menit 49 detik.

Laporan lain mengatakan letusan terjadi pukul 04.23 WIB. Erupsi ini memicu ketinggian abu berwarna kelabu hingga 2.000 meter mengarah ke Barat Laut.

Halaman Selanjutnya
img_title