Viral di Medsos, Seblak Rafael Diduga Bisa Picu PCOS pada Perempuan

Rafael-Duta-Seblak
Sumber :

Viva BandungSeblak viral khas Rafael saat ini sedang marak di masyarakat. Seblak dengan sambal hijau dan siraman minyak pedas ini menjadi favorit semua orang dari berbagai kalangan.

Mario Dandy Ngaku Khilaf, David Ozora Hampir Mati: Saya Tidak Merasa...

Namun, benarkah makanan ini memungkinkan terjadinya masalah pada kesuburan perempuan seoerti gangguan hormon polycystic ovary syndrome (PCOS)?

Sindrom ovarium polikistik ini adalah kondisi hormonal yang kompleks. 'Polycystic' secara harfiah diterjemahkan sebagai 'banyak kista'. Ini mengacu pada banyak folikel yang terbentuk sebagian di ovarium, yang masing-masing berisi sel telur. Ini jarang tumbuh hingga dewasa atau menghasilkan telur yang dapat dibuahi. Asupan makanan yang buruk bisa memengaruhi kondisi ini, termasuk sumber karbohidrat dari seblak.

Rafael Alun Panen Hujatan Usai Viral Ngaku Penguasa Jaksel

"Kadang begitu (makan) seblak, (artinya) makan banyak karbohidrat. Begitu banyak karbohirat, rusak deh (hormon)," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi & reproduksi, Dr. dr. Muharam Natadisastra, Sp. O. G, Subsp. F. E. R, dalam acara media RS Pondok Indah, di Jakarta.

Dokter Muharam menyarankan agar membatasi konsumsi sumber karbohidrat agar tidak berlebihan, termasuk seblak. Selain sumber karbohidrat, minyak berlebih dari seblak juga tidak baik untuk fungsi kerja tubuh sehingga lagi-lagi berdampak pada hormonal perempuan.

Ricky Harun Diduga Terima Dana Pencucian Uang Rafael Alun Trisambodo

"Masalahnya kan di lemak jenuhnya, ya kalau mau pakai minyak yang bagus. Kadang-kadang kan makannya juga kebanyakan ya, jadinya dibatasi saja," imbuhnya. Dokter Muharam menyebutkan bahwa salah satu faktor pemicu PCOS juga ditengarai bobot tubuh berlebihan yang mungkin secara tidak langsung akibat konsumsi seblak berlebihan. Meski bobot tubuh yang tak gemuk turut berisiko PCOS, namun mereka yang berbobot gemuk cenderung lebih rentan. 

Sebaiknya memperbaiki pola hidup adalah yang paling utama dalam mencegah PCOS atau pun mengatasi penyakit tersebut. Dengan PCOS yang mampu ditangani, maka kesuburan akan perlahan membaik dan peluang kehamilan akan semakin besar, tanpa perlu memakai obat-obatan tertentu.

Halaman Selanjutnya
img_title