Sebut Haleluya Sama dengan Tahlil, Agama Pimpinan Ponpes Al Zaytun Dipertanyakan

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Pimpinan Ponpes Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang kembali menjadi sorotan. Pasalnya, ia mengatakan bahwa 'Haleluya' dan 'Tahlilan' adalah hal yang sama. Pernyataan Panji Gumilang itu terekam dalam sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @herrypatoeng.

Permainan Apik Timnas Indonesia U-23 Jadi Sorotan Media Eropa, Sebut Sebagai "Tim Pengacau"

Dalam video tersebut, Panji Gumilang mengaku bahwa dirinya tidak setuju apabila ucapan dan nyanyian 'Haleluya' hanya dipakai oleh penganut agama Nasrani atau Kristen. 

Menurutnya, ucapan dan nyanyian Haleluya juga dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia yang memiliki Tuha , termasuk umat Islam.

Pulang ke Rumah, Lolly Tak Dibukain Pintu oleh Nikita Mirzani

"Haleluya itu jangan dianggap milik Nasrani. Merupakan milik umat Indonesia yang punya Tuhan," kata Panji Gumilang seperti dikutip dari akun TikTok @herrypatoeng, Kamis (15/6/2023).

Ditegaskan Panji Gumilang, Haleluya memiliki makna besarkan Tuhan. Negara Indonesia berpedoman pada asas ketuhanan yang Maha Esa. Maka ucapan dan nyanyian tersebut, kata Panji, sama dengan tahlil yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. 

Nikita Mirzani Geram, Kali Ini Bongkar Rahasia Lolly yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Sontak saja, sejumlah netizen yang melihat unggahan iu membanjiri dengan komentar. Tidak sedikit dari mereka yang meminta kepada pihak setempat untuk tegas menyatakan bahwa ajaran Panji Gumilang itu menyimpang. 

Ada juga netizen yang mempertanyakan agama yang dianut oleh Pimpinan Ponpes Al Zaytun tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title