Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Sebut Masjid Tempat Orang-orang Putus Asa

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA BandungPanji Gumilang, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Indramayu kembali menyampaikan pernyataan kontroversial. Baru-baru ini, pria 76 tahun itu menyebut bahwa masjid adalah tempat orang-orang yang putus asa.

Kembali Heboh! Warganet Curhat Marak Pungli di Masjid Al Jabar Bandung

Panji Gumilang juga mengatakan, kotak amal yang kerap beredar di masjid sangat memalukan, karena sampai saat ini masih banyak masjid di Indonesia yang belum memiliki donatur tetap.

Karena itu, ia menyatakan masjid yang berada di Indonesia merupakan masjid yang dipenuhi orang-orang putus asa. Sedangkan 'konsep’ masjid yang sebenarnya, kata dia, ada di Vatikan.

Masuk ke Masjid untuk Belajar Islam, Pastor Eastwood Juga Ajak Para Jemaat

“Masjid itu adanya di Vatikan sana, di sini (Indonesia) tempat orang-orang putus asa, masjid-masjid itu,” kata Panji Gumilang dikutip dari akun TikTok Hery Patoeng, Jumat (16/6/2023).

Lebih lanjut, Panji menjelaskan, masjid yang berada di Indonesia tidak bisa disebut sebagai pusat peradaban, sebab masih kesulitan untuk mendapatkan uang dari jemaahnya.

Ini Alasan Pastor Eastwood Ajak Jemaatnya belajar Islam ke Umat Muslim

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang

Photo :
  • Istimewa

“Hanya duduk, dipaksa ngisi kaleng (kotak amal) keluar, selesai. Ini masjid peranannya, katanya, sebagai pusat peradaban, tidak ada. Yang ada peradaban pungutan uang.” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title